HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Eti Muliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara  kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kolerasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang  siswa kelas kelas IV SD Negeri 024868 Binjai Universitas, dan sampel dalam penelitian ini 35 orang kelas IV SD Negeri 024868 Binjai karena teknik pengambilan sampel merupakan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan hasil tes pada mata pelajaran IPS. Pada angket terdapat empat pilihan jawaban dan teknik pemberian skor berdasarkan skala Liker, yaitu 1-4. Dari hasil penelitian diproleh data kedua variabel memiliki hubungan yang signifikan antara antara  kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai. Dimana nilai t dalam hitungan= 281,5 , dan nilai t dalam tabel = 2,03. Dimana   nilai t dalam hitungan > nilai t dalam tabel maka antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV SD Negeri 024868 Binjai memiliki hubungan.


DOI:

https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4551


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publihed by: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara


Creative Commons License

Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter