MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAK KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN PKn

Sadarniwati Harefa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah :1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penerapan metode diskusi kelompok pada materi pokok daur hidup hewandalam mata pelajaran PKn di kelas V-B SDN 070974 Gunungsitoli. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode diskusi kelompok pada mata pelajaran PKn di kelas SDN 070974 Gunungsitoli. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 070974 Gunungsitoli dengan subjek penelitian siswa kelas V-B yang berjumlah 27 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) lembar observasi untuk siswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran (2) lembar observasi untuk siswa yang aktif dalam proses pembelajaran (3) lembar observasi dalam proses pembelajaran responden guru. (4) Tes hasil belajar, (5) Foto dokumentasi Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan penerapan metode diskusi kelompok di kelas V-B SDN 070974 Gunungsitoli pada mata pelajara PKn terperbaiki rata-rata hasil refleksi pada akhir siklus mencapai 84% .(2) Hasil belajar siswa meningkat dengan penerapan metode diskusi kelompok di kelas V-B SDN 070974 Gunungsitoli pada mata pelajara PKn pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80 dengan persentase ketuntasan 81%

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v2i3.8679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License