Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Adimin Mendrofa

Abstract


Rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran PKn disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi. Solusi yang diberikan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah memberikan tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam proses pembelajaran. model pembelajaran Contextual Teaching Learning adalah suatu model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan untuk siswa mengemukakan gagasan sendiri dan bersifat nyata . Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d April 2018 di kelas V-A SDN 071014 Dima dengan jumlah siswa 15 orang, laki-laki 7 orang dan perempuan 8 orang. Hasil dari penelitian adalah hasil belajar siswa pada pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning meningkat, dimana pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 82 dengan persentase ketuntasan 80% dan rata-rata hasil refleksi pada akhir siklus mencapai 82 % tergolong kategori baik, sehingga proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn terperbaiki melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran PKn meningkat melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn terperbaiki melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning.


Keywords


Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono.(1999).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung :

Remaja Rodaskarya Offset

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional.(2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurhadi (2003). Pendekatan Kontekstual.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v3i1.9863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


(EJOES) Educational Journal of Elementary School

Department of Elementary School Teacher Educational, University of Muhammadiya Sumatera Utara
Kampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ejoes@umsu.ac.id
Creative Commons License
Educational Journal of Elementary School (EJoES) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License