Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja dan Pemberdayaan Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi

Sundung Gurning, Irvan Irvan

Abstract


Penelitian ini termasuk eksploratif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai dengan melalui kepuasan kerja dan kompensasi sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan formula Sloven dengan tujuan agar menjangkau lapisan pegawai yang secara administratif berhubungan langsung terhadap pimpinan. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan di Kabupaten Dairi dengan hasil formula diperoleh sampel sebanyak 75 orang responden. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS for Windows dengan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis data untuk menguji hipotesis sedangkan untuk hipotesis 6 dan hipotesis 7 menggunakan path analisis. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,49 dan t hitung (4,808) > t tabel (1,667); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai r sebesar 0,437 dan t hitung (4,148) > t tabel (1,667); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Kepemiminan terhadap Kinerja Pegawai dengan nilai r sebesar 0,282 dan t hitung (2,510) > t tabel (1,667); (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai dengan nilai r sebesar 0,284 dan t hitung (2,532) > t tabel (1,667); (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dengan nilai r sebesar 0,364 , dan t hitung (3,339) > t tabel (1,667) pada taraf signifikansi 5%; (6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening dengan nilai r sebesar 0,383 dan t hitung (2,0834) > t tabel (1,667); (7) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening dengan nilai r sebesar 0,39 dan t hitung (2,07021) > t tabel (1,667).

ABSTRACT

This research includes an exploratory quantitative approach conducted on employees at the Dairi District Education Office. This study aims to determine whether or not the influence of leadership on employee performance through job satisfaction and compensation as intervening variables. The data collection method in this study was a questionnaire or questionnaire. The sampling technique used is using the Sloven formula with the aim of reaching layers of employees who are administratively directly related to the leadership. The population that became the object of the study were employees of the Department of Education in Dairi Regency with the results of the formula obtained a sample of 75 respondents. Data processing using SPSS for Windows software with descriptive analysis, classical assumption test and data analysis to test hypothesis 6 and hypothesis 7 using path analysis. Based on the results of the study with a significance level of 5%, it was concluded: (1) There is a positive and significant influence of Leadership Style on Job Satisfaction with a correlation coefficient (r) of 0.49 and t count (4.808) > t table (1.667); (2) There is a positive and significant effect of compensation on job satisfaction with an r value of 0.437 and t count (4.148) > t table (1.667); (3) There is a positive and significant influence of Leadership Style on Employee Performance with an r value of 0.282 and t count (2.510) > t table (1.667); (4) There is a positive and significant effect of compensation on employee performance with an r value of 0.284 and t count (2.532) > t table (1.667); (5) There is a positive and significant effect of compensation on job satisfaction with an r value of 0.364, and t count (3.339) > t table (1.667) at a significance level of 5%; (6) There is a positive and significant effect of Leadership Style on Employee Performance with Job Satisfaction as an intervening variable with an r value of 0.383 and t count (2.0834) > t table (1.667); (7) There is a positive and significant effect of compensation on employee performance with job satisfaction as an intervening variable with an r value of 0.39 and t count (2.07021) > t table (1.667).



Keywords


Leadership, employee performance, job satisfaction, employee compensation.

Full Text:

PDF

References


Annisa, D. S., Fadilla, J. H., Ikram, M., & Hardianto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(4), 2630.

Batubara, I. H., Sari, I. P., Andini, P., Jannah, M., Saragih, S., Sinaga, B.,Lubis, B. S. (2022). Bibliometric Mapping on the Research Merdeka Belajar Using VosViewer. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 477486. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202207

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta : Rineka Cipta.

Chang (2002). Organizational Behavior. New York: McGraw Hill,

Frank, E. Sari, Indra Prasetia, & Elfrianto. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi di SMA Negeri 2 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Rokania Volume 6 Nomor 3 Nopember 2021, 344-357

George Terry (2009). Organization Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: The McGraw-Hill Com., Inc.,

Hasibuan (2014). Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change). Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, Juni 2001. UNJ- Jakarta.

Handoko. (2001). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Karakteristik Personal Pendidikan. Jurnal Kinerja 5

Hayati, Dina., Elfrianto., & Prasetia, I (2021). The Influence of Principal Situational Leadership Style, Education and Training, Work Motivation on Teacher Performance. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan Vol. 4, No. 3, November 2021, 229-239

Irianto, 2001, Membuka Jendela Pendidikan, Mengurai Akar Tradisi Integrasi Keilmuan, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada,

Kartono (2008). . Pengembangan Sumber Daya Manusia: Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan (Pendekatan Terpadu). Jakarta: Bumi Aksara,

Kozin. (2014). Good Governance (Kepemimpinan yang Baik) Bagian Kedua. Bandung: Mandar Maju,

Martoyo (2008), Konsep Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change) Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, Juni 2008.

Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1), 3440.

Rambe, T. M., Ananda, F., & Batubara, I. H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 3(1), 3443. https://doi.org/10.30596/jmes.v3i1.9468

Robert A. Baron, dan Jerald Greenberg (2000). Behavior in Organization7th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Simamora, Hadi, (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke-3. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

Spencer, M. Kyle dan Spencer. (2004). Competence at Work Models Supervisor Performance. New York: John Willey & Sons Inc.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Sujana ( 2002). Methodologi Reseach. Jilid III,Cetakan XI. Penerbit Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Sutikno. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (Artikel-Artikel Pilihan). Yogyakarta : Penerbit Amara Books

Weisinger (2005). Competence at Work Models SupervisorPerformance. New York: John Willey & Sons Inc.

Wernerd and Ward (1995). Handbook of Leadership a Survey of Theory and Research. London : Collier Macmillan Publisher

Wethers and davis (1996). Educational Administration. New York: McGraw- Hill, Inc., Stephen P. Robbins (2006). Perilaku Organisasi. Terj. Benyamin Molan. Jakarta

Wexley and yulk. (1997). The grand Leadership--translating abstract purpose into concrete objectives. Journal of Physical Education.

Wothuba and Wright ,(2001) :.Educational research an introduction.sixth edition.Longman publishers USA.

Yusnita., Bahri., S., & Prasetia, I. (2021). Analisis Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Partisipasi Kerja Guru di SD Negeri 112260 Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan Labuhanbatu Utara, Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT) Vol. 2, No.1, Januari 2021, 22-27

Yamin, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Bagan Sinembah. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 7277.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i2.10046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.