Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penegakan Disiplin Di Sekolah

Hotma Siregar

Abstract


Fungsi sekolah diwujudkan dalam bentuk meneruskan nilai-nilai luhur Pancasila dan pembentukan kepribadian, sikap, moral, dan mental bangsa Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, diharapkan setiap sekolah berupaya meningkatkan mutu dan kualitasnya. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan membuat atau menyusun tata tertib atau tata tertib sekolah beserta sanksi/hukuman bagi siswa yang melanggar tata tertib tersebut. Aturan atau kaidah siswa tersebut kemudian menjadi pedoman atau acuan bagi siswa dalam berpikir, bersikap, bersikap dan bertindak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui disiplin yang ditegakkan di sekolah akan membentuk karakter atau kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang akan menggambarkan bagaimana sebenarnya pembentukan karakter siswa dan bagaimana kaitannya dengan penegakan disiplin di sekolah. Penelitian ini menggunakan literatur yang akan dijadikan sebagai landasan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, untuk membentuk karakter siswa, khususnya karakter bertanggung jawab, harus ditegakkan disiplin dengan membuat peraturan sekolah. Penegakan disiplin harus disertai dengan pemberian hukuman yang disesuaikan dengan Undang-undang Perlindungan Anak yaitu UU Nomor 35 Tahun 2014.


ABSTRACT

The function of the school is manifested in the form of continuing the noble values of Pancasila and the formation of the personality, attitude, morals, and mentality of the Indonesian nation. To achieve this goal, it is hoped that every school will strive to improve its quality and quality. One way to improve the quality of education is to create or compile school rules or regulations along with sanctions/penalties for students who violate the rules. The student's rules or rules then become guidelines or references for students in thinking, behaving, behaving and acting. This study aims to find out whether through discipline enforced in schools will shape the character or personality of students. This research uses a qualitative descriptive method that will describe how the formation of student character actually is and how it relates to the enforcement of discipline in schools. This research uses literature that will be used as a theoretical basis. The results showed that, to shape the character of students, especially responsible character, discipline must be enforced by making school rules. Enforcement of discipline must be accompanied by the provision of penalties in accordance with the Child Protection Law, namely Law Number 35 of 2014.


Keywords


Pembentukan karakter, Penegakan Disiplin

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2003). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Amini. (2009). Penelitian Fundamental. In Dikti (Vol. 0115067101).

Batubara, Ismail Hanif, and Putri Maisarah Ammy. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan 1(2): 43–53.

Dongoran, Aman Tua, and Ismail Hanif Batubara. 2021. “Pengaruh Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smk Di Kota Bandung.” Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT) 2(1): 1–16.

Gultom, M. (2012). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dan Perempuan. Refika Aditama.

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Press.

Indah, T A, and S Sulhati. 2021. “Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Di SMP Taman Asuhan Kota Pematang Siantar.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar … 1(2): 10–15. http://journal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/10-15.

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Pendidikan Di Era 4.0. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 109–114. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4403

Purwanto. (n.d.). Hukum Perlindungan Anak di Indonesia. Citra Aditya Bakti.

Samsudin, & Asrofi, M. (2021). Hukuman Dalam Pendidikan Islam: Studi Atas Dampak Psikologis Anak Usia Dasar Dan Citra Guru. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 1–23.

Tanjung, Desi Lawarni. 2019. “Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru MAN Binjai.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] 1(1): 1–9.

Wahyuni, Sri, and Ismail Hanif Batubara. 2021. “Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika.” Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT) 2(2): 1–4.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa [Relationship of discipline with student learning responsibilities]. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 692–697. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6226




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmp-dmt.v3i3.10994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

 

 
View My Stats