Pengaruh Strategi Pembelajaran Information Search Terhadap Kemampuan Kreativitas Belajar Peserta Didik SMK

Putri Maisyarah Ammy, Surya Wisada Dachi, Tua Halomoan Harahap

Abstract


Dalam penelitian ini terdapat permasalahan, yaitu tingkat kreativitas peserta didik yang masih rendah. Selain itu, masih kurang beragamnya media pembelajaran yang digunakan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran Pencarian Informasi dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran matematika peserta didik kelas X SMK BM PAB Helvetia Medan pada mata pelajaran persamaan kuadrat. Penelitian ini termasuk dalam desain eksperimen semu dengan Pre-Test and Post-Test Only Control Design menggunakan strategi pembelajaran Information Search pada kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK BM PAB Helvetia Medan dan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas X AK 1 dan X AK 2 yang berjumlah 80 peserta didik. Kelas eksperimen 1 adalah kelas X AK 1 dengan 40 peserta didik sedangkan kelas eksperimen 2 adalah kelas X AK 2 dengan 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes Pre-Test dan Post-test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat: uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis: Uji-T. Hasil analisis data untuk uji prasyarat menyatakan bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan pada uji hipotesis uji-t diperoleh thitung = 2,8095 > ttabel = 1,9908 sehingga Ha diterima. Artinya ada pengaruh strategi pembelajaran Pencarian Informasi terhadap kemampuan kreativitas belajar matematika peserta didik kelas X SMK BM PAB Helvetia Medan.

ABSTRACT

In this study, there is a problem, namely the level of creativity of students is still low. In addition, there is still a lack of variety of learning media used based on technology. This study aims: To find out whether the Information Search learning strategy can increase the creativity of mathematics learning for class X students of SMK BM PAB Helvetia Medan in quadratic equation subjects. This research was included in the design of pseudo-experiments with Pre-Test and Post-Test Only Control Design using Information Search learning strategies in the experimental class. The population of this study was all students of class X SMK BM PAB Helvetia Medan and the research sample was students of class X AK 1 and X AK 2 which amounted to 80 students. Experimental class 1 is class X AK 1 with 40 learners while experimental class 2 is class X AK 2 with 40 learners. The data collection technique in this study used Pre-Test and Post-test tests. Meanwhile, the data analysis technique uses prerequisite tests: normality test, homogeneity test and hypothesis test: T-test. The results of data analysis for the prerequisite test stated that the data in this study were normally distributed and homogeneous. Meanwhile, in the t-test hypothesis test, a calculation = 2.8095 > ttabel = 1.9908 was obtained so that Ha was accepted. This means that there is an influence of Information Search learning strategies on the ability of creativity in learning mathematics for class X students of SMK BM PAB Helvetia Medan.


Keywords


Strategi Pembelajaran, Information Search, Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Anwar, C. (2014). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan : Sebuah Tinjauan Filosofis. SUKA-Press.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Asrani. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta didik melalui Penerapan Strategi Outdoor Learning pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Langsat, 6(2), 97–103.

Beetlestone, Florence. (2013). Creative Learning, Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Peserta didik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Depdiknas, U. R. N. 20 T. 2013. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (pp. 1–33).

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smk Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6681

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. In H. Wijoyo (Ed.), Biosel: Biology Science and Education (Vol. 2). Insan Cendekia Mandiri.

Ina Magdalena, Nur Fajriyati Islami, E. A. R., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Blom Dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.

Karunia EL dan Mokhamad RY. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Ferika Aditama.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Belajar.

Rahayu, S. (2016). Penerapan Strategi Information Search untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta didik Kelas IV SD Negeri 010 Pagaran Tapah Darussalam. Primary, 5(3), 20–25.

Salim, S. dan. (2014). Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Ananda (ed.)). Citapustaka Media.

Supianah dan Agus D.W. (2009). Strategi Pembelajaran SD (Y. Rudianto (ed.)). PPPPTK Matematika.

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 1–4.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmp-dmt.v3i3.11319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

 

 
View My Stats