Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Produktivitas, Kerja dan Budaya Sekolah Terhadap Efektivitas Organisasi Di SMP Negeri Se-Kecamatan Sidikalang

Eva Natalina Siburian, Akrim Akrim, Irvan Irvan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, produktifitas kerja dan budaya sekolah terhadap efektivitas organisasi di SMP Negeri Se-Kecamatan Sidikalang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri se Kecamatan Sidikalang yang berjumlah 161 orang yang tersebar di 3 sekolah menengah pertama, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 62 guru. Dalam memperoleh sampel yang cukup representatif, dalam penelitian ini digunakan teknik proporsional random sampling karena setiap sekolah mempunyai jumlah guru yang berbeda. Instrumen penelitian menggunakan angket yang terlebih dahulu sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap efektivitas organisasi sebesar 11%; Terdapat pengaruh signifikan antara produktifitas kerja terhadap efektivitas organisasi sebesar 7.3%; Terdapat pengaruh signifikan antara budaya sekolah terhadap efektivitas kerja sebesar 14.5%; Terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan transformasional, produktivitas kerja dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap efektivitas organisasi sebesar 34.1%.

ABSTRACT

This study aimed to determine the effect of transformational leadership, work productivity and school culture on organizational effectiveness in SMP Negeri Sidikalang. This study used a quantitative approach that aims to test the established hypothesis and to analyze the effect of the independent variable with the dependent variable. The population in this study were all teachers of SMP Negeri in Sidikalang District, totaling 161 people spread over 3 junior high schools, while the sample used was 62 teachers. In obtaining a fairly representative sample, in this study a proportional random sampling technique was used because each school has a different number of teachers. The research instrument used a questionnaire that had previously been tested for validity and reliability. The results showed that: There was a significant effect between transformational leadership on organizational effectiveness by 11%; There is a significant effect between work productivity on organizational effectiveness of 7.3%; There is a significant influence between school culture on work effectiveness of 14.5%; There is a significant influence between transformational leadership, work productivity and school culture together on organizational effectiveness by 34.1%.


Keywords


Kepemimpinan Transformasional, Produktifitas Kerja, Budaya Sekolah, Efektivitas Organisasi

Full Text:

PDF

References


Kamuli, S. (2012). Pengaruh Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. Jurnal Inovasi. 9 (1), Maret 2012.

Mesiono. (2012). Manajemen Organisasi. Citapustaka Media Perintis. Bandung.

Mulyasa. (2013). Manajemen Dan Kepemimpinan Transformasional. Bumi Aksara. Jakarta.

Sedarmayanti. (2013). Reformasi Administrasi Public, Reformasi Birokrasi, Dan Kepemimpinan Masa Depan. PT Refika Aditama. Bandung.

Sitompul, Prof. Harun & Ardansyah, M. (2017) Statistika Pendidikan: Teori dan Cara Perhitungan. Perdana Publishing Medan.

Sutrisno, E. (2010). Budaya Organisasi. Kencana. Jakarta.

Susanto, A. (2016) Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Prenadanedia Group. Jakarta.

Veithzal. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi Ed 1 Cet 2. Rajawali Pers. Jakarta.

Nomor 41. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i4.11915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.