Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 7 Tebing Tinggi

Tiodora Silalahi

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, mengingat akan kemampuan dari pendidikan itu sendiri yang dapat memberikan harapan dan dapat meningkatkan taraf hidup seseorang di masa yang akan datang. melihat begitu pentingnya nilai pendidikan tersebut membuat semua pihak memberikan perhatian yang lebih untuk mengembangkan kualitas pendidikan yang diharapakan akan sejalan dengan peningkatkan nilai kesejahteraan dari masyarakat itu juga. Jadi dengan kata lain peran pendidikan itu juga bertujuan untuk memanusiakan manusia supaya lebih dewasa, mengubah perilaku manusia menjadi lebih baik, serta meningkatkan kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik. Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dan angket. Serta tekhnik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan kesimpulan deskripsi peneltiian. Hasil penelitian menunjukkan Kepala sekolah SMP Negeri 7 Tebing Tinggi memberdayakan guru dengan melakukan pembinaan serta menggunakan waktu belajar secara efektif. Selain itu Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Tebing Tinggi dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dengan melakukan pengawasan secara rutinitas. Diharapkan Hal ini akan berimplikasi terhadap peningkatan kinerja guru di sekolah tersebut. Sementara itu Peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 7 Tebing Tinggi dapat dilihat melalui dua orientasi yaitu hubungan sejawat dan orientasi tugas. Orientasi hubungan sejawat dengan kategori selalu terdapat 15 responden atau 27.85%. sementara untuk orientasi tugas dengan kategori sering terdapat 16 responden atau 29,6%, Oleh karena itu, kefektivan kepemimpinan kepala sekolah memberikan dampak masing amsing untuk peningkatan kerja guru baik dari orientasi tugas dan hubungan sejawat.

Kata kunci: Pendidikan, Observasi, Orientasi

ABSTRACT

Education is very important in human life, considering the ability of education itself which can provide hope and can improve a person's standard of living in the future. Seeing the importance of the value of education, all parties pay more attention to developing the quality of education which is expected to be in line with increasing the welfare value of the community as well. So in other words, the role of education also aims to humanize humans to be more mature, change human behavior for the better, and improve one's quality of life for the better. In this study using qualitative data collection techniques with observations, interviews and documentation and questionnaires. And the analysis technique used is data reduction, presentation and conclusion of research description. The results showed that the principal of SMP Negeri 7 Tebing Tinggi empowered teachers by providing guidance and using study time effectively. In addition, the leadership of the Principal of SMP Negeri 7 Tebing Tinggi in completing tasks in accordance with the time set by carrying out routine supervision. It is hoped that this will have implications for improving the performance of teachers in these schools. Meanwhile, the improvement of teacher performance at SMP Negeri 7 Tebing Tinggi can be seen through two orientations, namely peer relations and task orientation. There are always 15 respondents or 27.85% of the orientation of peer relations with categories. while for task orientation with categories there are often 16 respondents or 29.6%. Therefore, the effectiveness of the principal's leadership has an impact on improving teacher work both from task orientation and peer relations.


Keywords


Efektivitas Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Batubara, I. H. (2019). Improving Students Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. The 4th Progressive and Fun Education International Conference, 4(2), 8083. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1371

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(1), Hal. 1-16. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/1-16

Frank Endang Sari, Indra Prasetia, Elfrianto. 2021. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru ( Studi Di Sma Negeri 2 Pematang Siantar). Jurnal Pendidikan Rokania Volume 6 Nomor 3Kayo, Khatib Pahlawan, 2005. Kepemimpinan Islam dan Dakwah (Cet. I; Jakarta: Amzah. Diakses pad atanggal 19 April 2022

Hafsah, Emilda Sulasmi. 2021. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kabupaten Batubara. Jurnal managemen pendidikan dasar, menengah da tinggi Vol 2, No 4.

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups. Jakarta: Rajawali Pers

Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael, 1994, Qualitative Data Analysis, Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press

Indah, T. A., & Sulhati, S. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi di SMP Taman Asuhan Kota Pematang Siantar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar , 1(2), 1015. http://journal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/10-15

Moleong, 1Lexi J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhajir, Noeng. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin

Mulyasa. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Angkasa

, 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyono.2008. Manajemen administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta, AR. Ruzz Media, Musbikin, Imam. 2013. Mengatasi Kenakalan Siswa Remaja. Pekanbaru : Zanafa publishing

Susanto. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta:Prenadamedia Group Jakarta.

Reviza, L. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Dan Budaya Akademik Terhadap Kinerja Dosen Serta Dampaknya Pada Efektivitas Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 1426.

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 14.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i4.12057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.