Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa SMP Gajah Mada Medan)

Emilda Sulasmi, Akrim .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis apakah aspek manajemen belajar siswa mencakup rajin dalam belajar, tekun dalam belajar, rapi dalam mengerjakan tugas, memiliki jadwal belajar, disiplin dalam belajar merupakan faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa memiliki pengaruh terhadap pretsasi belajar, dan mengetahui faktor manakah yang dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapaun pengumpulan data penelitian ini berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dilihat dari aspek manajemen belajar siswa, yakni rajin dalam belajar, tekun dalam belajar, rajin mengerjakan tugas, memiliki jadwal belajar, disiplin dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hipotesis penelitian, masing- masing faktor memiliki kontribusi untuk mempengaruhi prestasi belajar, dimana untuk variabel rajin dalam belajar (faktornya adalah 0,784), variabel tekun dalam belajar (faktornya adalah 0,871), variabel rajin dalam mengerjakan tugas (faktor nya adalah 0,841), variabel memiliki jadwal belajar ( faktor 1 adalah 0,853), variabel disiplin dalam belajar (faktornya adalah 0,880). Faktor yang paling utama yang mempengaruhi prestasi belajar yang memiliki nilai tertinggi yaitu variabel Disipilin siswa X3 sebesar 0,880.

Kata Kunci : Faktor-Faktor Prestasi Belajar, Manajemen Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Caldwell, B. J. (2005). Management. Paris: The International Institute for Educational Planning (IIEP).

Stephen P. Robbins, (1999), Essential of Orgazinational Behaviour 5th (San Diego University, Edisi Bahasa Indonesia oleh ; Hlmidan dan Dewi Sartika, Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta : Erlangga.

Suharsimi Arikunto dkk, (2010) Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Zaenal Arifin, (2010). Kurikulum dan Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta : Salemba Empat

Payaman J. Simanjuntak, (2005) Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta : Fakultas Ekonomi UI

Rahmat Hidayat, (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis , Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kusrini dan Andri Koniyo, (2007), Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server, Yogyakarta: Penerbit Andi

Sugiyono (2007) Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Arikunto,S.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Akrim, Akrim, Nurzannah Nurzannah, and Nurman Ginting. "Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah Di Kota Medan." JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2.2 (2018).

Sulasmi, Emilda, Zakaria Zakaria, and Santoso Santoso. KAJIAN TERHADAP MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK (TK). Diss. Fakultas Ekonomi UNIB.

Sulasmi, Emilda. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa SMP Gajah Mada Medan)." Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] 1.1 (2019).

Sulasmi, Emilda. "Evaluation of the Operational Assistance Management (Bop) Management Funding Program at the Bengkulu City Paud Institution." IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science 1.1 (2019).

Agussani, A. (2018). Program Pendidikan KEAKSARAAN Berbasis Kecakapan Hidup. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i1.3920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.