Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru MAN Binjai

Desi Lawarni Tanjung

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif, naturalistik dan tekhnik triangulasi. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kinerja di MAN Binjai, bahwa kepemimpinan partisipatif mampu meningkatkan kinerja guru yang meliputi pembuatan Rencana pembelajaran dengan baik adanya kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kreatifitas dan komunikasih yang ditunjukkan oleh kepala sekolah menciptakan susasana lingkungan kerja lebih bersemangat. Sikap kepemimpinan kepala sekolah yang di gambarkan dari kepribadiannya yang selalu ikut serta dalam setiap keadaan sekolah tersebut. Kepala sekolah lebih terlibat dalam mengelolah kehadiran guru, merencanakan pembelajaran, mendelagasikan pekerjaanya dan berkomunikasi dengan baik kepada bawahannya. Peningkatan kinerja guru juga di buktikan dengan kemampuan guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran kemampuan menjaga hubungan antar pribadi, kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar, kemampuan pelaksanaan pengayaan, kemampuan melaksanakan remedial. Dan hal ini juga di buktikan dengan prestasi siswa yang dari tahun 2015 sampai 2017 mendapatkan 100 buah medali penghargaan. Serta pembentukan ekstrakurikuler kepada siswa/siswi yang memilih mengembangkan minat dan bakatnya.

Kata kunci : Kepemimpinan Partisipatif, dan Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Sagala, S. 2013. Managemen strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan pembuka Ruang Kreativitas Inovasi dan Pemberdayaan Potensi Di sekolah dalam Sitem Otonomi Sekolah. Bandung : Alfabeta

Wahjdosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahan. Jakarta: Raja Grafindo

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: raja grafindo persada

Blancahard, P. 1995. Manajemen Perilaku Organisasi Pendayaguna SDM .

Robbin, P, S. 2002. Prinsip-prinsip Prilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga

Wahjdosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala sekolah. Jakarta: Raja Grafindo

Morhead. Griffin. 2013. Prilaku Organisasi MSDM dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Malayu. 2007. Organisasi Dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman. Moh Uzer. 2002. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i1.3921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.