Analisis Kinerja Dosen Kebidanan Berdasarkan Iklim Kerja Dosen Akademi Kebidanan Di Kota Medan

Salim Aktar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dosen ditinjau dari iklim kerjanya. Subjek penelitian adalah seluruh dosen akademi kebidanan di kota Medan dengan jumlah sampel sebanyak 74 orang yang diambil dari 10% 734 orang. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan.Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk instrumen berbentuk angket, pengujian validitas butir menggunakan koefisien korelasi product moment, dan untuk uji reliabilitas digunakan Rumus Alpha. Instrumen angket kinerja dosen yang valid diperoleh 33 butir dari 40 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,888. Sedangkan instrumen angket iklim kerja yang valid diperoleh 30 butir dari 34 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,906. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat hubungan yang berarti antara iklim kerja dengan kinerja dosen sebesar rX2Y = 0,296 > rtabel = 0,235 dan thitung = 2,612 > ttabel = 1,67.

Kata Kunci : Iklim Kerja, dan Kinerja Dosen.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2004). Prosedur Penelitian Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Hoy, W.K. Organizational Climate and Culture: A Conceptual Analysis of the School Workplace. Journal of Educational and Psychological Consutation, 1(2), 1990.

Manzor, QA. Impact of Employees Motivation on Organizational Effectiveness. European Journal Business and Management, Vol. 3, No. 3. 2011

Prasetia, I., Milfayetty, S., Dewi, R. The Effect of Transformational Leadership Transformational and Academic Optimism Culture on Theacer Empowerment and Motivation Along Its Impact on The Effectiveness of Medan State Junior High School. IJLRES - International Journal on Language, Research and Education Studies, Vol 2, No 2, 2020.

Robbins, P.S. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks.

Sagala, S. (2006). Administrasi Pendidikan Komtemporer. Bandung: Alfabeta.

Samsuddin, Sadili. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:Pustaka setia

Supardi, Imam. (1988). Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta

Sutisna, O. (1985). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Thoha, M. (2007). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i1.3925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.