Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan Paud Dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara)

Eko Irawan, Indra Prasetia

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Lab Site Pendidikan Anak Usia Dini BP-Paud dan Dikmas Sumatera Utara, Jalan Kenanga Raya, Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengembangan kurikulum pendidikan luar sekolah di lab site pendidikan anak usia dini BP-PAUD sumatera utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif (Qualitative research). Hasil penelitian manajemen pengembangan kurikulum yang dilakukan di Lab site PAUD Medan, menyangkut kegiatan inti pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan mencakup proses menetapkan tujuan, sasaran dan kegiatan yang dilaksanakan pada masa akan datang dalam mencapai tujuan yang akan dicapai dengan mendayagunakan berbagai sumberdaya yakni guru dan kepala PAUD. Selain itu, perencanaan kurikulum di PAUD Lab Site BP Sumatera Utara menjadi bagian kegiatan awal untuk menyusun konsep kurikulum yang menjadi program pendidikan di PAUD BP Sumatera Utara, tidakhanya rencana pembelajaran, tetapi rencana atas konsep kurikulum yang akan diajarkan di PAUD. Pengorganisasian dalam rangka perencanaan, yang berperan dalam menentukan waktu pelaksanaan penyusunan perencanaan kurikulum yang baru untuk tahun pelajaran. Dalam pelaksanaan kurikulum prinsip-prinsip yang digunakan mencakup, aspek pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangandan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang bergunabagi dirinya. Evaluasi kurikulum Lab Site PAUD BP Sumatera Utara dilakukan dengan musyawarah yang melibatkan semua pihak.


Kata Kunci : Manajemen, Pengembangan Kurikulum PAUD


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, dkk. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arifin, Z. (2010). Kurikulum dan Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Bungin, B. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri

Kusrini dan Andri Koniyo, (2007), Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server, Yogyakarta: Penerbit Andi

Mulyadi, (2007). Sistem Perencanaan Kurikulum dan Evaluasi. Jakarta : Salemba Empat

Payaman J. Simanjuntak, (2005) Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta : Fakultas Ekonomi UI

Prasetia, I., Syamsuyurnita., Isman, M., & Amini. The Design of Management System through Using Total Quality Education Service at Some Schools in Medan. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering (IOSR-JMCE), Volume 14, Issue 5 Ver. V (Sep. - Oct. 2017)

Rahmat Hidayat, (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis , Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Rivai, F and Murni, S. (2009). Education Management. Jakarta : Rajawali Pers.

Sallis, E. (1993). Total Quality management in Education. London : Kogan Page Educationanl Management Series.

Sugiyono (2007) Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Teddlei., C and Tashakkori, A. (2003). Handbook Mixed Methodes: in social & Behavioral Research. Sage Publications. California

Tola, S dan Furqon, D. (2010). Majamenen Pendidikan : Menuju Mutu Sekolah Unggul. Rineka Cipta : Jakarta




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i1.3953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.