Penataan Manajemen Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi

Sulhati Sulhati

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks) di era milineal yang serba, digitalisasi, reformasi dan otonomisasi dapat menggeser fungsi lembaga pendidikan tinggi sebagai satu-satunyacentre of information. Perkembangan iptek saat ini dan selanjutnya mulai dihasilkan, dikembangkan dan diabsahkan tidak hanya di lingkungan lembaga pendidikan tinggi, tetapi justru banyak berkembang diluar lingkungan pendidikan tinggi, terutama di lembaga pemerintahan dan sektor industri produktif. Sehingga ada citra lembaga pendidikan tinggi tertinggal oleh dunia industri. Untuk mengisi perubahan dan kecenderungan tersebut di atas, apabila lembaga pendidikan tinggi tetap ingin eksis di masyarakat dan dunia iptek, maka ke depan lembaga pendidikan tinggi akan lebih dituntut untuk melakukan terobosan-terobosan tidak hanya di bidang iptek, tetapi juga di bidang sosial, politik, dan budaya. Karena itu, perguruan tinggi harus meningkatkan kualitasnya dimulai dari penataan manajemen pendidikannya, karena unsur-unsur manajemen pendidikan memegang menjadi tempat yang kondusif dalam proses pembelajaran dan berkarya, sehingga dapat menghasilkan ilmuwan yang profesional, berjiwa pemimpin dan handal. Mengantisipasi berbagai tantangan ke depan, maka pengelolaan perguruan tinggi perlu kemajuan agar perguruan tinggi dapat menghadapi berbagai tantangan masa depan dengan menghasilkan karya-karya besar yang kreatif, inovatif, serta relevan dengan kebutuhan masyarakat, oleh karenanya setiap perguruan tinggi harus dapat dikelola berdasarkan asas Pengembangan dan Peningkatan Mutu Terpadu dan Berkelanjutan.

Kata kunci:Penataan Manajemen, Mutu, Perguruan Tinggi


Full Text:

PDF

References


Bolam, R. (1999). Education Administration, Leadership and Management: Towards a Research Agenda, in T. Bush, L Bell R.Bolam, R. Glatter and P. Ribbins (eds), Educational Management : Redefining Theory, Policy and Practice. London: paul Chapman Publishing

Engkoswara. (2011). Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi Daerah, Bandung, Yayasan Amal Keluarga.

Kemenristek Dikti. (2017). Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Penjaminan Mutu

Mulyasa, E. (2004), Menjadi kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sagala, Syaiful. (2017), Human Capital MembangunSumberdaya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas, Jakarta: Kencana

Salis, Edward. (2010). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Jogyakarta: IRCiSoD

Satori, Djaman dan Fatah, Nanang (2001), Modul Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung, Dinas Pendidikan Jawa Barat

Terry, George R. (1977), Principles of Management, Homewood: R.D.Irwin




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i3.5692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.