Pola Pembinaan Dan Pengawasan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MASBinaul Iman Pematangsiantar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan serta pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MAS Binaul Iman. Dan juga bertujuan untuk memaparkan upaya dan solusi yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAS Binaul Iman Pematangsiantar. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif (qualitative research). Dan dalam penelitian ini sumber data didapat dari kepala sekolah, guru, dan seluruh civitas akademika di MAS Binaul Iman Pematangsiantar. Dan prosedur serta teknik pengumpulan data juga dilakukan dengan melakukan wawancara (interview) untuk mendapatkan data dan informasi secara lisan atau perkataan (verbal), observation atau pengamatan untuk mendapatkan pemahaman atas tindakan, serta sikap yang terjadi, dan menggunakan dokumentasi dalam menemukan dan mengumpulkan data melalui foto, dokumentasi maupun rekaman. Hasil penelitian ini menggambarkan dan menunjukkan bahwa teknik serta pola kepala sekolah dalam membina dan mengawas sistem pembelajaran di sekolah ini sangatlah membantu dan dapat meningkatkan serta memotivasi kinerja guru. Selain pola tersebut juga kepala sekolah telah cukup maksimal dalam membantu penyelengaraan proses pembelajaran di sekolah ini, baik dalam segi prasarana maupun kompetensi guru. Pembinaan kepala sekolah juga menunjukkan hasil yang sangat signifikan, hal ini dikarenakan kepala sekolah juga berhasil memberikan bimbingan akademik dan non akademik kepada guru sehingga kompetensi guru sangat maksimal dan relevan. Dan evaluasi kepala sekolah juga menunjukkan hasil yang menggambarkan meningkatnya kinerja guru di MAS Binaul Iman.
Full Text:
PDFReferences
Danim, S, 2002, Inovasi Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung
Daryanto, 2010. Administrasi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta
Djamah, S, 2004, Prestasi dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Cet IV, Surabaya.
Mulyasa.E 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Mulyasa. E, 2007 Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan, PT. Remaja Rosdakarya. Bandung:
M. Ngalim Purwanto, 2006, Administraasi dan Supervisi Pendidikan, Remaja
Rosdakarya, Bandung
Moleong, Lexy J, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya,
Bandung
Mulyono, 2008, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Arruz
Media, Jogjakarta.
Herabudin, 2009, Administrasi & Supervisi Pendidikan, CV. Pustaka Setia,Bandung
Kementerian Pendidikan Nasional, 2013, Penilaian Kinerja Guru, Direktorat
Tenaga Pendidikan Diteraktorat Jenderal Peningakatan Mutu Pendidikan
Dan Tenaga Pendidik, Jakarta
Kartini Kartono, 2008, Pemimpin dan Kepemimpinan, PT. Raja GrafindoPersada,
Jakarta
Mujamil Qomar, 2007. Manajemen Pendidikan Islam, Erlangga, Malang
Mulyasa, 2011, Manajemen & kepemimpinan Kepala Sekolah, PT BumiAksara,
Jakarta.
Martinis Yamin, 2007 Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Gaung
Persada Press. Jakarta:
Nanang Fatah, 2008. Landasan Manajemen Pendidikan, PT remaja Rosdakarya,
Bandung
Ngalim Purwanto, 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, PT Remaja
Rosdakarya, Bandung.
Nizar Ali, Ibu Syatibi, 2009, Manajemen Pendidikan Islam, Pustaka Isfahan,
Yogyakarta,
Ormar Hamalik, 2008. Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara. Jakarta
Pater Salim, Yenny Salim, 2002 Kamus bahasa Indonesia Kotemporee, Modern
English Press, Jakarta
Ridwan, 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Alfabeta,Bandung
Salfen Hari, 2009. Sekolah Efektifdan Guru Efektif, Aditya Media. Yogyakarta,
Sardiman, 2004. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja GrafindoPersada,
Jakarta
Soetjipto, Raflis Kosasi, 2009 Profesi Keguruan, Rineka Cipta. Jakarta
Sulistyorini, 2001, Hubungan antara Keterampilan Manejerial Kepala Sekolah
Madrasah, Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru, Media Ilmu,Jakarta.
Sugiono, 2010. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta 2010. Bandung
Sondang P. Siagian, 2001, Manajemen Strategi, Bumi Aksara, Jakarta
Suharsimi Arikunto.2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendeatan dan Praktik,Rineka
Cipta, Jakarta,
Suharsimim Arikunto, Lia Yuliana, 2008. Manajemen Pendidikan, AdityaMedia,
Yogyakarta
Syafruddin Nurdin, Basyiruddin Usman, 2002. Guru Profesional &Implementasi
Kurikulum, Ciputat Pers Jakarta
Syaiful Sagala, 2009. Administrasi Pendidikan Komtemporere, Alfabeta,Bandung,
Suparlan. 2005 Guru Sebagai Profesi Hikayat Publising Yogyakarta
Syaiful Sagala, 2010. Supervisi pembelajaran, Alfa Beta. Bandung:
Tim Dosen, 2009. Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia,
Manajemen Pendidikan, Alfabeta, Bandung
Tim Penyusun Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, 2006, Tentang GuruDan
Dosen, Sinar Grafika, Jakarta
Tohirin, 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama islam, JakartaRajawali
Pers, Jakarta
Veithzal Rivai, Sylviana Murni, 2009. Education Management, Rajawali Pers.Jakarta
Wahjosumidjo, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah, PT Raja GrafindoPersada
Jakarta
Undang-undang RI nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru Dan Dosen(Penghargaan ,
Pasal 36)
DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i2.6780
Refbacks
- There are currently no refbacks.