Pola Pembinaan Dan Pengawasan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MASBinaul Iman Pematangsiantar

Rafika Intan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan serta pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MAS Binaul Iman. Dan juga bertujuan untuk memaparkan upaya dan solusi yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAS Binaul Iman Pematangsiantar. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif (qualitative research). Dan dalam penelitian ini sumber data didapat dari kepala sekolah, guru, dan seluruh civitas akademika di MAS Binaul Iman Pematangsiantar. Dan prosedur serta teknik pengumpulan data juga dilakukan dengan melakukan wawancara (interview) untuk mendapatkan data dan informasi secara lisan atau perkataan (verbal), observation atau pengamatan untuk mendapatkan pemahaman atas tindakan, serta sikap yang terjadi, dan menggunakan dokumentasi dalam menemukan dan mengumpulkan data melalui foto, dokumentasi maupun rekaman. Hasil penelitian ini menggambarkan dan menunjukkan bahwa teknik serta pola kepala sekolah dalam membina dan mengawas sistem pembelajaran di sekolah ini sangatlah membantu dan dapat meningkatkan serta memotivasi kinerja guru. Selain pola tersebut juga kepala sekolah telah cukup maksimal dalam membantu penyelengaraan proses pembelajaran di sekolah ini, baik dalam segi prasarana maupun kompetensi guru. Pembinaan kepala sekolah juga menunjukkan hasil yang sangat signifikan, hal ini dikarenakan kepala sekolah juga berhasil memberikan bimbingan akademik dan non akademik kepada guru sehingga kompetensi guru sangat maksimal dan relevan. Dan evaluasi kepala sekolah juga menunjukkan hasil yang menggambarkan meningkatnya kinerja guru di MAS Binaul Iman.


Full Text:

PDF

References


Danim, S, 2002, Inovasi Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung

Daryanto, 2010. Administrasi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta

Djamah, S, 2004, Prestasi dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Cet IV, Surabaya.

Mulyasa.E 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Mulyasa. E, 2007 Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif

dan Menyenangkan, PT. Remaja Rosdakarya. Bandung:

M. Ngalim Purwanto, 2006, Administraasi dan Supervisi Pendidikan, Remaja

Rosdakarya, Bandung

Moleong, Lexy J, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya,

Bandung

Mulyono, 2008, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Arruz

Media, Jogjakarta.

Herabudin, 2009, Administrasi & Supervisi Pendidikan, CV. Pustaka Setia,Bandung

Kementerian Pendidikan Nasional, 2013, Penilaian Kinerja Guru, Direktorat

Tenaga Pendidikan Diteraktorat Jenderal Peningakatan Mutu Pendidikan

Dan Tenaga Pendidik, Jakarta

Kartini Kartono, 2008, Pemimpin dan Kepemimpinan, PT. Raja GrafindoPersada,

Jakarta

Mujamil Qomar, 2007. Manajemen Pendidikan Islam, Erlangga, Malang

Mulyasa, 2011, Manajemen & kepemimpinan Kepala Sekolah, PT BumiAksara,

Jakarta.

Martinis Yamin, 2007 Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Gaung

Persada Press. Jakarta:

Nanang Fatah, 2008. Landasan Manajemen Pendidikan, PT remaja Rosdakarya,

Bandung

Ngalim Purwanto, 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, PT Remaja

Rosdakarya, Bandung.

Nizar Ali, Ibu Syatibi, 2009, Manajemen Pendidikan Islam, Pustaka Isfahan,

Yogyakarta,

Ormar Hamalik, 2008. Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara. Jakarta

Pater Salim, Yenny Salim, 2002 Kamus bahasa Indonesia Kotemporee, Modern

English Press, Jakarta

Ridwan, 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Alfabeta,Bandung

Salfen Hari, 2009. Sekolah Efektifdan Guru Efektif, Aditya Media. Yogyakarta,

Sardiman, 2004. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja GrafindoPersada,

Jakarta

Soetjipto, Raflis Kosasi, 2009 Profesi Keguruan, Rineka Cipta. Jakarta

Sulistyorini, 2001, Hubungan antara Keterampilan Manejerial Kepala Sekolah

Madrasah, Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru, Media Ilmu,Jakarta.

Sugiono, 2010. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta 2010. Bandung

Sondang P. Siagian, 2001, Manajemen Strategi, Bumi Aksara, Jakarta

Suharsimi Arikunto.2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendeatan dan Praktik,Rineka

Cipta, Jakarta,

Suharsimim Arikunto, Lia Yuliana, 2008. Manajemen Pendidikan, AdityaMedia,

Yogyakarta

Syafruddin Nurdin, Basyiruddin Usman, 2002. Guru Profesional &Implementasi

Kurikulum, Ciputat Pers Jakarta

Syaiful Sagala, 2009. Administrasi Pendidikan Komtemporere, Alfabeta,Bandung,

Suparlan. 2005 Guru Sebagai Profesi Hikayat Publising Yogyakarta

Syaiful Sagala, 2010. Supervisi pembelajaran, Alfa Beta. Bandung:

Tim Dosen, 2009. Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia,

Manajemen Pendidikan, Alfabeta, Bandung

Tim Penyusun Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, 2006, Tentang GuruDan

Dosen, Sinar Grafika, Jakarta

Tohirin, 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama islam, JakartaRajawali

Pers, Jakarta

Veithzal Rivai, Sylviana Murni, 2009. Education Management, Rajawali Pers.Jakarta

Wahjosumidjo, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah, PT Raja GrafindoPersada

Jakarta

Undang-undang RI nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru Dan Dosen(Penghargaan ,

Pasal 36)




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i2.6780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.