Analisis Kinerja Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Tugas Pokok Dan Fungsi Guru Di SMA Negeri 1 Kutalimbaru

Herwanta Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi guru di SMA N 1 Kutalimbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kutalimbaru yang beralamat di jalan pendidikan pasar IV Sukarende Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang dimulai dari bulan Maret 2020 sampai dengan Maret 2021. Hasil penelitian ini adalah Kepala sekolah sebagai manajer terlihat dari kesiapan kepala sekolah dalam menyediakan waktu khusus dan memperhatikan segala kegiatan sebelum dilaksankannya proses pembelajaran.Hal ini digunakan untuk meminimalisir kesalahan dan mengurangi ketidak tercapaian kinerja guru dalam mengajar. Selain itu tugas guru sebagai pendidik akan menyadari bahwa untuk membuat mata pelajaran dengan capaian KKM oleh siswa harus mampu memprediksi kesiapan siswa dalam menyelesaikan mata pelajaran. Sebagai supervisior kepala sekolah terlihat setiap melaksanakan kegiatan terdapat sekurang-kurangnya tiga unsur yang terkait, yaitu: jenis atau isi kegiatan, cara yang digunakan, dan orang melakukan, serta masih ada hal-hal yang juga dapat dikategorikan sebagai unsur kegiatan misalnya waktu pelaksanaan dan sarana prasarana yang digunakan, begitu juga dalam pelaksanaan supervisi yang merupakan salah satu kegiatan dalam lembaga pendidikan, perlu diingat bahwa supervisi adalah suatu kegiatan yang bersifat membina dan memberikan bantuan, sehingga situasi dan kondisi di dalamnya harus mendukung terjadinya kegiatan tersebut agar dapat mencapai tujuan. Kepala sekolah sebagai motivator meminimalisir kegagalan dalam menindak lanjuti kegiatan yang sudah dilaksanakan selama proses pembelajaran, fungsi kepala sekolah adalah mendorong semangat guru SMA N 1 Kutalimbaru untuk menjadi guru yang penyemangat bagi siswanya. Selain itu kepala sekolah dalam memberikan dorongan untuk pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru lebih mengevaluasi kegiatan yang sudah di laksanakan. Pengevaluasian tersebut bukan untuk memberikan penilaian saja namun memberikan hal positif seperti menanggulangi permasalahan yang ada.


Full Text:

PDF

References


Adi Sasono & Ali Sofyan Husein, 1995, Ekonomi Politik Penguasaan Tanah, Jakarta Pustaka Sinar Harapan.

As'ad, M. 2003. Psikologi Industri Seri Ilmu Sumber Daya Manusia. Edisi. Keempat. Yogyakarta

Budi, Suhardiman. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djajanto, Wawang Heru (2010) Kinerja kepala sekolah perempuan dalam pelaksanaan supervisi pengajaran: studi multi situs di SMK Negeri 1 Sooko dan SMK Negeri 1 Kemlagi Kabupaten Mojokerto / Wawang Heru Djajanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang

E. Mulyasa, 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hadari Nawawi, H. Murni Martini. 1996. Penelitian Terapan.Yogyakarta:Gajah Mada University Press,cet

Hamzah B. Uno. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT BumiAksara.

Henry Simamora. 2001.Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi III,. STIE YKPN: Yogyakarta

Ismainar, Hetty 2015 Manajemen Unit Kerja, Yogyakarta: Deepublish

Luthans, Fred. 2006. Prilaku Organisasi .Yogyakarta: Andi

Majang. 2010. Kinerja Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Fungsi Manajerial; Studi Kasus di SMA Negeri I Bengkayang Kalimantan Barat. Diakses pada tanggal 8 Juli 2020http://repository.ut.ac.id/1658/

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya

-----------, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, D dan Rakhmat, J. 2003. Komunikasi Antar budaya: Panduan Berkomunikasi Dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung:Rosdakarya

Mulyasa, E 2004.Menjadi kepala sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK.Bandung: Remaja Rosdakarya

Pandji, Anogara.1992. Psikologi kerja.Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Mentri pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007, diakses pada tanggal 13 maret 2020https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2012/01/nomor-16-tahun-2007-dan-lam

Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Di akses pada tanggal 20 Maret 2020

Poerwadarminta W.J.S. 1986. Kamus Umum ... 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid. 1, Edisi 8, Prenhallindo, Jakarta. Nitisemito, S, Alex. (1996).

Sardiman, 2005.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sardiman, AM., 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Pers

Sistem pendidikan Nasional pasal 40 ayat 2 UU Nomor 20 tahun 2003 tanggal akses 13 Maret 2020 https://sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm

Sopiah. 2008. Prilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Bumi Putra

Sudarwan Danim, 2013. Profesi kependidikan.Bandung:Alfabeta

Sugiyono, 2005. Memahami penelitian kualitatif. Bandung:Cv. Alfabeta

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan &d. Cetakan ke-16. Bandung: Alfabeta

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Grafindo

Talib, Sudarmi. 2012. Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Kamil Labuha Kabupaten Halmahera Selatan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. Diakses pada tanggal 8 Juli 2020 (http://eprints.umm.ac.id/32291/)

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 20

Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dan peraturan pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan, diakses pada tanggal 13 Maret 2020

Usman, Moh.Uzer. 2002. Menjadi Guru profesional. Bandung : PT. Remaja

Wibowo, 2009. Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali Pers

-------------, 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Yulk, Gary. 2009. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Ahli bahasa: Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i2.6789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.