Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal

Dewi Sry Annisa, Jihan Husna Fadilla, Muammar Ikram, Roni Hardianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap semangat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Ex-Post facto. Jumlah populasi dalam penellitian ini yaitu seluruh siswa dikelas IV SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal dengan jumlah 12 siswa atau didalam pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability yaitu sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampelnya dalam penelitian ini. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap semangat belajar siswa kelas IV di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal tahun ajaran 2020/2021, hal ini terlihat pada t-hitung yaitu 6,630 jika dibandingankan dengan t-tabel taraf signifikan 0,5 dengan df = 68 (df=n-1=70-2=19) yaitu 1,995 maka t-hitung > t-tabel atau 6,620 > dari 1,995. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran dengan media pembelajaran terhadap semangat belajar siswa. Besarnya kontribusi pengaruh media pembelajaran terhadap semangat belajar siswa kelas IV di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal tahun ajaran 2020/2021 yaitu sebesar 39,18%, hal tersebut terlihat dari hasil analisis koefiseien determinasi dimana nilai R yaitu 0,626.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i4.7763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.