Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Riau

Singgih Intan Permadani, Syaiful Bahri, Indra Prasetia

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, tujuan penelitian ini adalah untuk untuk memahami hubungan antar variabel yakni untuk menguji pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, motovasi guru, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Dan akan dilaksanakan di sekolah Menengah Atas/SMA Negeri Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Terdapat 2 sekolah SMA Negeri di kecamatan pujud, yaitu: SMA Negeri 1 Pujud dan SMA Negeri 2 Pujud, Penelitian akan dilakukan dalam kurun waktu Februari 2020 sampai dengan Juni 2021. Dengan populasi dan sampel sebanyak 72 orang. Dimana teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara di sekolah tersebut. Untuk itu dapat hasil penelitiannya adalah Adapengaruh positif dan signifikanantara kepemimpinan intruksional dengan kinerja guru.artinya semakin tinggi dan positif kepemimpinan intruksional maka semakin tinggi dan positif kinerja guru SMA Negeri Kecamatan Pujud hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel kepemimpinaninstruksionalsebesar 14,6 % dan 85,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru. artinya semakin tinggi dan positif motivasi kerja maka semakin tinggi dan positif kinerja guruSMA Negeri Kecamatan Pujud hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel motivasi kerja sebesar 59,6 % dan 40,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja dengan kinerja guru. artinya semakin tinggi dan positif disiplin kerja maka semakin tinggi dan positif kinerja guruSMA Negeri Kecamatan Pujud hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel disiplin kerja sebesar 37,0 % dan 63,0% dipengaruhi oleh faktor lainnya dan dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama kepemimpinan instruksional, motivasi kerja dan disiplin kerja yang mana artinya adalah dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan instruksional, motivasi kerja dan motivasi kerjajikasemakin tinggi dan positif kinerja guru dengan memberikan sumbangan pengaruh sebesar kepemimpinan instruksional, motivasi kerja dan motivasi kerja secara bersama-samamemiliki pengaruh terhadap variabel kinerja gurudi SMANegeriKecamatan Pujudsebesar 60,4% dan 39,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya hal ini bermakna bahwa adanya pengaruh kinerja guru dapat di diprediksi prediksi ketigavariabel bebas tersebut.


Keywords


Kinerja Dosen, Kompetensi Dosen.

Full Text:

PDF

References


Ambar T. Sulistiyani dan Rosidah, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori Dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik, Graha Ilmu, Yogyakarta, hal. 193. http://digilib.uinsby.ac.id/2573/4/Bab%201.pdf diakses pada tanggal 6 februaru 2021

Ardana, Komang, et al. 2009. Prilaku Organisasi. Yogyakarta : Graha ilmu.

Arikunto, Suharsimi 1993. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineka Cipta.

Basri, Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia. Bungawati dan Syafaruddin. 2016. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, danMotivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makasar. Dalam JurnalCompetivieness Volume 10 Nomor 2.

Burhanuddin. 1994. AnalisisAdministrasi Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media.

Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Reneka Cipta.

Darmadi, Hamid . 2015. Tugas, Peran, Kompetensi Dan TanggungJawab Menjadi Guru Profesional,dalam Jurnal Edukasi, Volume.13, Nomor.2.Pontianak : IKIP PGRI.

Dharma,Surya. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMTK Depdiknas.

Djihad, Hisyam dan Suyanto.2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan DiIndonesia Milenium III, Jogjakarta: Adi Cipta.

Echols, Jhon M. & Hasan Sadily. 1997. Kamus Inggris- Indonesia, Jakarta:Gramedia.

Emmanouil, K.,Osia, A. & Loana, L.P. (2014). The Impact of Leadership onTeachers Effectiveness. International Journal of Humanities and socialScience.

Gordon, B.Davis, 2002. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta.: PPM

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Sinar Grafika.

Hasibuan, Malayu SP. 1999. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu SP. 2003. Organisasi dan Motivasi. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu SP. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Prasetia, Indra, Akrim, Sulasmi, E. 2020.Effective Competency Based School Model. Tarbiyah

Prasetia, I, Melfayetty, Y, Dewi, R. The Effect of Transformational Leadership and Academic Optimim Culture on Teacher Empowerment and Motivation Along its Impact on the Effectiveness of Medan State Junior High School. International Journal on Leaguage, Research and Ecucation Studies, 4 (2), 2020. 276-29

Ismail Ahmad, LA Ode. 2017. Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor yangMempengaruhinya, dalam Jurnal Idaarah Volume.1, Nomor 1. Makasar :Universitas Islam Negeri Alauddin.

Juliandi, Azuar et.al. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis. Medan : UMSU Press. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring), di dapat dari https:// kbbi.kemdikbud.go.id.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Kepemimpinan Pembelajaran, MateriPenguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta : Kemdiknas.

Kusmianto. 1997. Panduan Penilaian Kinerja Guru oleh Pengawas. Jakarta:Erlangga.

Madjid,Abd. 2016.Pengembangan Kinerja Guru MelaluiKompetensi,Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudera Biru.

Misbahuddin dan Ikbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Rosdakarya.

Mulyasa,E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Professional dalam KontekMenyukseskan MBS dan KBK. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nawawi,Hadari.2006.Evaluasi dan Manajemen Kinerja di LingkunganPerusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada University Pres.

Ngiode, Syafrin. 2016. Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja,dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru MTSN Batuda Kabupaten Gorontalo. Dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume IV Nomor2. Gorontalo : Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai.

Prabu Mangkunegara, Anwar. 2002ManajemenSumberDayaManusia.Bandung : Remaja Rosdakarya.

Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2007. Prilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Roth, G. et, al. 2007. Automous Motivation for Teaching : How self- DeterminedTeaching May Lead to Self- Determined Learning Journal of Education Psychology.

Sedarmayanti, 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung:Mandar Maju.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung:CV Mandar Maju

Shulhan, Muwahid dan Soim. 2013. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta:Teras.

Siagian, Sondang. 2002.Filsafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Simpuh. 2014.Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tanggal 17 april 2007 tentang Standar Kepala sekolah/Madrasah , di dapat dari www.simpuh.kemenag.go.id

Sucipno, Et. al. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolahdan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP. Dalam jurnalManajemen Pendidikan Volume 11 Nomor 1.

Suharputra, Uhar. 2016. Kepemimpinan inovasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2010. Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS.Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sulaiman, Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Supardi, 2014. Kinerja Guru. Jakarta : Grafindo.

Supriyadi, Edi. 2014. SPSS + Amos : Statistical Data Analysis. Jakarta: In Media.

Syamsuyurnita, Mhd. Isman , Indra Prasetia , Amini. 2020. The Design of Management System through Using Total Quality Education Service at Some Schools in Lecturer of Bahasa and Sastra Indonesia, Teacher Training and Education Faculty, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Usman, H. 2015. Model kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. JurnalCakrawala Pendidikan, Th. XXXIV.

Utari, Nidya. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolahterhadap Kinerja Guru di SMPN 1 Kaluku Kabupaten Mamuju. Skripsi,Makasar : UIN ALAUDDIN.

RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen di dapat dari https://sumberdaya.ristekdikti.go.id

Wahyudi. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar.Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, Adi. 2012. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja & SupervisiKepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Semarang: Economic EducationAnalysis Journal.

Wahjosumijo. 1999. Kepemimpinan Kepala sekolah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Wardani, Dewi Kusuma dan Mintasi Indriayu. 2015 . Kepeimpinan PembelajaranKepala Sekolah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i1.8785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.