Analisis Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Partisipasi Kerja Guru di SD Negeri 112260 Gunting Saga Kecamatan Kualuh Selatan Labuhanbatu Utara

Yusnita Yusnita, Syaiful Bahri, Indra Prasetia

Abstract


Penelitian iini ibertujuan iuntuk imengetahui idan imenganalisis iperilaku ikepemimpinan ikepala isekolah idalam imemotivasi,membimbing dan memonitoring iguru iguru idalam ipeningkatan ipartisipasi ikerja iguru idi iSD iNegeri iNo.112260 iGunting iSaga i iKualuh iSelatan iLabuhanbatu iUtara.Penelitian ikualitatif idengan ipendekatan study kasus.Data diperoleh idengan iteknik iwawancara,observasi idan ianalisis idokumen.Hasil ipenelitian imenunjukkan ibahwa iperilaku ikepemimpinan ikepala isekolah idalam imemotivasi,membimbing idan m emonitoring iguru idapat imeningkatkan ietos ikerja,kualitas idan iprofesionalisme iguru idalam iproses ibelajar imengajar iguru idi ikelas isehingga idapat imeningkatakan ipartisipasi ikerja iguru idi iSD iNegeri iNo.112260 iGunting iSaga.Dari ihasil ipenelitian iini idiperoleh ikesimpulan,1.Perilaku ikepemimpinan ikepala isekolah idalam imemotivasi iguru idilakukan idengan icara imembangun ikomunikasi iyang ibaik iantara isesame iguru,menempatkan iguru isesuai ikompetensinya iserta itidak imembeda ibedakan iguru itersebut.2.Dalam i imembimbing iguru idilakukan idengan icara ikepala isekolah isecara irutin imelalukan ipembinaan ikesadaran ikolektif idari isetiap iguru iagar idapat imewujudkan ilingkungan isekolah iyang iaman idan itertib idengan imematuhi itata itertib isekolah; iberusaha iuntuk ibisa ibersikap iadil i, idan iselalu imengayomi iterhadap iseluruh iguru idan ipegawai iserta iselalu ibersikap iramah idan ipenuh iperhatian.3.Sedangkan idalam imemonitoring iguru idilakukan idengan imelihat ietos ikerja,kemapuan ikompetensi idan ikeprofesionalan iguru idalam imengajar idan imenyelesaikan itugas ikeguruan isehari ihari.Secara iteoritis ipenelitian iini ibermanfaat iuntuk ipengembangan iteori ibaru iyang ilebih iproduktif..Secara ipraktis i iberguna isebagai iinformasi ibagi ikepala ikepala isekolah.


Keywords


iPerilaku iKepemimpinan, ipeningkatan, ipartisipasi ikerja.

Full Text:

PDF

References


Albarohis, iMuhyidin, i2012, iMendidik Generasi iBangsa, iPedagogia, iSleman iYogyakarta

Arikunto, iSuharsimi, i2009, iProsedur iPenelitian iSuatu iPendekatan iPraktik iManajemen iPenelitian, iRineka iCipta, iJakarta.

Arifah, iFatih, idkk, i2012, iEvaluasi iPembelajaran, iMenteri iPustaka, iSleman iYogyakarta.

Bungin iBurhan, i2012, iPenelitian iKualitatif, iKomunikasi, iEkonomi, iKebijakan ipublik idan iUmum iSosial. iRaja iGrafindo iPersada, iJakarta.

Cace iKay iA iNorlander.2009. iGuru iProfesional. iPT iIndeks, iJakarta.

Emzir. 2010. iMetodologi iPenelitian iKualitatif iAnalisis iData, iAnalisis iData iPenelitian iKualitatif. iRaja iGrafindo iPersada, iJakarta.

Endang, F., Prasetia, I., & Elfrianto. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi di SMA Negeri 2 Pematang Siantar), Jurnal Pendidikan Rokania, Volume 6 Nomor 3 Nopember 2021, 344 - 357

Fatchurrahman, idkk, i2012, iStrategi iMembangun iSinergi iGuru idan iOrang iTua iSiswa, iPT iCitra iAji iParama, iYogyakarta.

Hendarman dan Rohanim,2018, Kepala Sekolah sebagai Manajer Teori dan Praktik, PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Iskandar. 2009. iMetode iPenelitian iKualitatif, iGaung iPersada iPress,Jakarta.

Jaya, iIndra, i2019. Penerapan iStatistik iuntuk iPenelitian iPendidikan, iPedagogi, iYogyakarta.

Latifah, iEva. 2019.iPengantar iPsikologi iPendidikan, iPedagogi, iSleman iYogyakarta

Machali, iImam, i2012, iKepemimpinan iPendidikan idan iPembangunan iKarakter, iPedagogi, iYogyakarta.

Moh. Mashudi. 2017. Analisis Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah,Kesejahteraan Guru dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di MAN se-Kabupaten Blitar, Jurnal Pendidikan Islam,5(1),37-52

Moleong, Lexy iJ, i2010. Metode iPenelitian iKualitatif. iPT. iRemaja iRosdakarya, iBandung.

Normina. 2016. Partisipasi masyarakat dalam pendidikan, Ittihad Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, (14,26),71-85

Prasetia, Indra. (2021) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Optimis Akademik, Pemberdayaan dan Motivasi Kerja Terhadap Efektivitas SMP Negeri Medan, Disertasi, Universitas Negeri Medan.

Prasetia, I., Akrim, Sulhati, & Burhanuddin. The Influence of Lesson Study Strategy On Teacherss Pedagogical Quality In All State Madrasah Aliyah of Medan. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, Vol 4 No 1, 2021.

Prasetia, I., Pratiwi,S.N., Sulhati. Model Sekolah Efektif Berbasis Kompetensi, EducanduM, Vol 11 No 11, 2018.

Prawira, P.A. i2012. iPsikologi iPendidikan idalam iPersfektif iBaru, iArr-Ruzz iMedia, iSleman iYogyakarta.

Ridwan, idkk, i2009. iRumus idan iData idalam iAnalisis iStatiska. iAlfabeta, iBandung.

Rusyan, iTabrani, 2012. Membangun iGuru iBerkualitas. Pustaka iDinamika,Jakarta.

Salam, iBurhanuddin. 2002. Pengantar iPedagogik i(Dasar- Dasar iMendidik).iRineka iCipta, iJakarta.

Sugiyono. 2014.iMetode iPenelitian iPendidikan iPendekatan iKuantitatif i, iKualitatif idan iRD, iRineka iCipta, iJakarta.

Sunami, iSri. 2012. iMetode iPenelitian iPendidikan, iInsan iMadani, iJogjakarta.

Teguh. (2015). Perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan partisipasi kerja guru di SD N Watukarung Pringkuku Pacitan, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial(25,2)(58-65)

Zon, DA. 2013. Metode iPenelitian, iUniversitas iTerbuka, iJakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i1.8786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.