Pengaruh Struktur Organisasi, Pemberdayaan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMA Swasta Se Kecamatan Siantar Barat

Fuji Rukti Yari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh struktur organisasi, pemberdayaan dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA swasta di Kecamatan Siantar Barat, baik sebagian maupun sekurpan. Sampel dalam penelitian ini adalah guru SMA swasta di wilayah Kecamatan Siantar Barat yang berjumlah 108 orang. Data dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah model Multiple Linear Regression. Untuk menguji hipotesis secara bersamaan digunakan uji F dan sebagian uji t digunakan. Hasil pengujian yang dilakukan dengan SPSS diperoleh persamaan regresi berganda: Y = 8,215 + 0,379X1 + 0,259X2 + 0,259X3, yang berarti nilai konstan 8,215 yang menunjukkan bahwa jika struktur organisasi, pemberdayaan dan motivasi prestasi diasumsikan nol, maka nilai kinerja guru adalah 8,215.Jika variabel independen meningkat 1%, kinerja guru akan meningkat. Hasil hipotesis uji-t variabel penelitian adalah variabel struktur organisasi yang diperoleh thitung 6,148 dengan probabilitas signifikan 0,000 kurang dari tingkat kepercayaan (tingkat signifikan) = 0,05, variabel pemberdayaan diperoleh thitung 2,853 dengan probabilitas signifikan 0,005 kurang dari tingkat kepercayaan (tingkat signifikan) = 0,05. Variabel motivasi prestasi diperoleh Tcount 3,197 dengan probabilitas signifikan 0,002 kurang dari tingkat kepercayaan (level signifikan) = 0,05. Jadi keputusan yang diambil adalah menolak H0 dan menerima Ha, artinya struktur organisasi, pemberdayaan dan motivasi berprestasi berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA di Kecamatan Siantar Barat.

ABSTRACT

This study aims to examine the effect of organizational structure, empowerment and achievement motivation on the performance of private high school teachers in Siantar Barat sub-district, either partially or simultaneously. The sample in this study was a private high school teacher in the Siantar Barat sub-district, amounting to 108 people. The data in this study are primary data. Data was collected using a questionnaire. The analytical method used is the Multiple Linear Regression model. To test the hypothesis simultaneously the F test is used and partially the t test is used. The results of the tests carried out with SPSS obtained multiple regression equations: Y = 8.215 + 0.379X1 + 0.259X2 + 0.259X3, which means a constant value of 8.215 which indicates that if the organizational structure, empowerment and achievement motivation are assumed to be zero, then the value of performance teacher is 8,215. If the independent variable increases by 1%, the teacher's performance will increase. The results of the t-test hypothesis of research variables are organizational structure variables obtained tcount 6.148 with a significant probability of 0.000 less than the level of confidence (level of significant) = 0.05, empowerment variable obtained tcount 2.853 with a significant probability of 0.005 less than the level of confidence (level of significant) = 0.05. achievement motivation variable obtained tcount 3.197 with a significant probability of 0.002 less than the level of confidence (level of significant) = 0.05. So the decision taken is to reject H0 and accept Ha, meaning that organizational structure, empowerment and achievement motivation have a positive and significant impact on the performance of high school teachers in Siantar Barat sub-district.


Keywords


Organizational structure, empowerment, achievement motivation and teacher performance

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta

Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152159. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 1317.

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 4353. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077

Crow dan Crow. 1977. Psychologi Pendidikan. Nurcahaya

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smk Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(1), 116. https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6681

Gallerman. 1984. Motivasi dan Produktivitas. Pustaka Binaman Pressindo.

Gibson, James, dkk. 1994. Organisasi:Perilaku, Struktur, dan Proses. Terjemahan Agus Dahrma. Jakarta:Erlangga

Handoko, T. Hani. 2004. Manajemen Edisi II. Yogyakarta:BPFE

Hasibuan, Malayu S.P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara

Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak:Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta:PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hidayat. 2010. Studi Kasus Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al- Inayah Rawa Kalong Gunung Sindur Bogor. UIN Syarif hidayatullah Jakarta

Irwanto. 1997. Psikologi Umum. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Umum

Mulyadi dan John Setiawwan. 1999. Corporate Culture And Performance, Dampak Budaya Perusahaan terhadap Kinerja. Prenhallindo:Jakarta

Mahyudin. 2017. Manajemen Pemberdayaan Sekolah. Malang. Madani.

Kadarisman. 2012. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Raja Grafindo Persada

Kunandar. 2009. Guru Profesional. Jakarta:Rajawali Pers

Lasfiani, E. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Variasi Pada Mahasiswa Semester 6 Pgsd Universitas. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(2), 139145.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung:Refika Aditama

McClelland. 1987. Human Motivation. Press Syndicate of the University Cambridge

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. R. (2020). Manajemen Full Day School Dalam Meningkatkan Kreatifitas Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(3), 3035.

Ramadhan. 2014. Pengaruh Pemberdayaan dan Sistem Informasi terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tengah. E-Jurnal Katalogis, Volume 2 Nomor 7, Juli 2014

Robbins, Stephen, P. 2002. Perilaku Organisai. Jakarta:Erlangga

Sagala, Syaiful. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah & Masyarakat. Jakarta:Nimas Multima

Santrock, John W. 2003. Adolascence Perkembangan Remaja. Jakarta:Erlangga

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan kelima). Bandung:Aditama

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung:Tarsito

Sulasmi, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa PENDAHULUAN Pendidikan merupakan aspek yang memegang peran penting dalam kemajuan setiap bangsa , sudah seharusnya jika dunia pendidikan perlu dice. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), 1(1), 1017. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3920

Sule, Erni Tisnawati,dkk. 2016. Pengantar Manajemen. Surabaya:Prenada Media

Sutrisno. 2006. Budaya Organisasi. Jakarta:Kencana

Thoha, Miftah. 2007. Perilaku Organisasi:Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta:Rajawali Pers

Timpe, A, Dale. 1992. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia:Kinerja. Jakarta:Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Tjiptonodan dan Anastasia. 2011. Total Quality Management. ANDI

Usman, Uzer. 1992. Menjadi Guru Profesional. Bandung:Remaja Rosdakarya

Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah:Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Grafindo Persada:Jakarta

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 14.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta:Bina Aksara




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i1.9059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.