Analisis Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Era New Normal

Mulyani Mulyani, Fadriati Fadriati

Abstract


Pembelajaran berani yang dilakukan di masa pandemi covid-19 memiliki banyak tantangan dan hambatan serta menurunnya kualitas pembelajaran. Untuk yang baru
Tahun Akademik 2021/2022, Pemerintah Akan Buat Kebijakan Relearning untuk dilakukan secara tatap muka meskipun terbatas. Manajemen sekolah Pelaksanaan pembelajaran tatap muka dibatasi dengan memperhatikan manajemen sumber daya manusia, manajemen kurikulum dan manajemen lainnya. Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SMAN 1 Koto Salak dilakukan dengan sistem pagi dan sore, dengan tetap memperhatikan kesehatan dan protokol keselamatan bagi guru, siswa dan tenaga kependidikan lainnya. Sekolah melengkapi berbagai persyaratan seperti mengikuti vaksin, menerapkan protokol kesehatan, melengkapi sarana dan prasarana, membuat SOP dan mendapatkan izin dari stakeholder yang berkepentingan dengan pendidikan. Atas dasar itu, sekolah melakukan analisis manajemen pembelajaran tatap muka terbatas. Melalui analisis SWOT diperoleh empatstrategi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran tatap muka terbatas, yaitu strategi SO, strategi WO, strategi ST dan strategi WT.

ABSTRACT

The bold learning carried out during the covid-19 pandemic has many challenges and obstacles as well as the decline in the quality of learning. For the new academic year 2021/2022, the government will make a policy of relearning to be carried out face-to-face although it is limited. School management implementation of face-to-face learning is limited by paying attention to human resource management, curriculum management and other management. Limited Face-to-face Learning (PTMT) at SMAN 1 Koto Salak is carried out with a morning and afternoon system, while still paying attention to the health and safety protocols for teachers, students and other education personnel. Schools complete various requirements such as following vaccines, implementing health protocols, completing facilities and infrastructure, making SOPs and obtaining permission from stakeholders with an interest in education. On that basis, the school conducts a limited face-to-face learning management analysis. Through SWOT analysis obtained four strategies that can be carried out in limited face-to-face learning, namely SO strategy, WO strategy, ST strategy and WT strategy.

Keywords


Management, Limited Face-to-face Learning, SWOT Analysis

Full Text:

PDF

References


KEPUSTAKAAN ACUAN:

Agus Nur Soleh, Arum Murniati, Iqbal Fawaidul M, Laelatul Istiqomah, M.Rifqi Alhabib, Rifki Najmuddin, Fatihatur Rohmah, R. K. P. dan U. S. (2020). Strategi Manajemen Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di SMK Maarif 9 Kebumen. Jurnal Cakrawala, Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(2), 113.

Amirullah, R. U. (2021). Analisis Swot Kebijakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2028.

Asmendri, A., Marsidin, S., Rusdinal, R., & Mukhaiyar, M. (2018). An Analysis of Managerial Competence of the Madrasah Principals in Islamic Senior High School in Tanah Datar. Al-Ta Lim Journal, 25(1), 5670. https://doi.org/10.15548/jt.v25i1.350

Bahri, S., & Arafah, N. (2021). Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 2040. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.2

Febrian, V. R., Zulmuqim, Z., & Pasrizal, H. (2019). Analisis Manajemen Pendidikan Di Slb Negeri 1 Lima Kaum. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 71. https://doi.org/10.31958/jaf.v7i1.1594

Hane Johan, Helendra, H. (2019). Analisis Sistem manajemen Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Pandemi COvid-19 di STIE El Hakim. Http://Jurnal.Ensiklopediaku.Org, 1(3), 286289.

Harahap, Y., Nasution, N. H. A., & Lubis, F. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Pemerintah Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Kota Padangsidimpuan. Jurnal LPPM UGN, 11(4), 6976.

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 15561566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Jamilus, M. dan. (2021). Pengembangan Pendidik Sebagai Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Atas. Ilmu Pendidikan, 3(4), 11701176.

Muhammad Sufyan As-Tsauri, Chaerul Rochman, M. (2021). Tantangan Guru Sekolah Dasar Dalam Memahami Capaian Komponen Manajemen Sekolah. Jurnal Al-Fikrah: Manajemen Pendidikan, 2(1), 218228.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i1.9136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.