Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Software Powtoon

Ayu Dwi Nanda, Ismail Hanif Batubara, Budi Kurniawan Hutasuhut

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran matematika pada materi geometri sisi datar berdasarkan video animasi pada bahan bangunan ruang sisi datar; 2) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran matematika pada materi side-building berbasis video animasi yang dibantu oleh software Powtoon, 3) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran matematika matematika pada bahan bangunan side-space berdasarkan video animasi yang dibantu oleh software Powtoon. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R & D) menurut Borg dan Gall. Subjek penelitian yang terlibat adalah satu ahli media, satu ahli materi, guru bidang studi matematika, dan siswa kelas tujuh di MTs Al-Washliyah Tebing Tinggi. Para ahli memberikan penilaian kelayakan produk yang dikembangkan oleh peneliti, sementara siswa dan guru menanggapi tentang daya tarik produk yang dikembangkan.Hasil penelitian ini adalah 1) Produk yang dihasilkan dikategorikan sangat layakberdasarkan validasi dari materi expert dengan presentasi 92% dan media para ahli dengan presentasi 82%. 2) Powtoon sangat menarik untuk digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian guru mendapatkan presentasi sebesar 81%,dan respon mahasiswa terhadap uji coba lapangan mendapatkan persentase sebesar 89%.

ABSTRACT

This research aims to; 1) Knowing the feasibility of learning mathematics media on flat-sided geometry material based on animated videos on flat-sided space-building materials; 2) Knowing students' responses to the use of mathematics learning media in side-building materials based on animated videos assisted by Powtoon software, 3) Knowing students' responses to the use of mathematical mathematics learning media in side-space building materials based on animated videos assisted by Powtoon software. This study uses the Research and Development (R & D) researchmethod according to Borg and Gall. The research subjects involved were one media expert, one material expert, a teacher in the field of mathematics studies, and seventh grade students at MTs Al-Washliyah Tebing Tinggi. The experts gave an assessment of the feasibility of the product developed by the researcher, while the students and teachers responded about the attractiveness of the product developed. The results of this study are 1) The product produced is categorized as very feasible based on validation from material experts with a presentation of 92% and media experts with a presentation of 82%. 2) Powtoon is very interesting to be used as teaching material based on the teacher's assessment getting a presentation of 81%, and student responses to field trials getting a percentage of 89%.

Keywords


Build flat side space, learning media, Powtoon

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z, dan Saputro, TME. (2011). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran Melalui Kegiatan Remase di SMP 33 Semarang, Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(2), 133-141.

Andriati, Y., & Susanti, L. R. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. CRIKSETRA: Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(9), 60.

Asyifa, S.M. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. (Doctoral Dissertation). Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Barnawi dan Arifin. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Dongoran, A. T., & Batubara, I. H. (2021). Pengaruh Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Smk Di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(1), 116. https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6681

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Prima Edukasia,5,13-14

Indah, T. A., & Sulhati, S. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi di SMP Taman Asuhan Kota Pematang Siantar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar , 1(2), 1015. http://journal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/10-15

Intan, R. (2021). Pola Pembinaan Dan Pengawasan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mas Binaul Iman Pematang Siantar. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(2), 4450. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15042

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susilo, B.E; Sutarto, H; dan Mubarok, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Ruang dengan Model Proving Theorem, Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 170-176.

Tarigan, H. (2021). Analisis Kinerja Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Tugas Pokok Dan Fungsi Guru Di SMA Negeri 1 Kutalimbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 1(April 2020), 5159.

Tim Penyusun. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Rusyid Ibrahim., Sri Siswanto, dan Laksito Wawan. Analisis Efektifitas Pemanfaatan Multimedia pada pencitraaan Amikom Cipta Darma Surakata. Jurnal Tikomsin. (2015).

Sari, Mafita dan Suci Rohayati.Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Pengamatan Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Pembelajaran Dasar- Dasar Sebagai Bahan Perbankan". Jurnal Pendidikan Akuntansi (2017).

Sartiawan, Mirza. Fisika Dasar. Jakarta: Erlangga, 2012.

Soedjino, Khairul Bambang dan Hanif Al Fatta. Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Inventrasi Aset Universitas Muhamaddiyah Bengkulu Mengunakan metode Mcall. Jurnal Informasi Interaktif Vol.No.2. (2015)

Sugiono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Syamsurijal.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal.Medtek Vol .1. No.1. (2010).

Syukur, Muhamad Amin.,Mukjizat Ilmiah Penciptaan Planet Bumi Menurut Al- Quran Dan Hadis Jilid 4. Jakarta : Lentera Abadi, 2015.

Syukur, Muhamad Amin., Nabi muhamad saw sebagai pendidik edisi ke tujuh.Jakarta : Lentera Abadi, 2011

Wahyuni, S., & Batubara, I. H. (2021). Efektivitas Penerapan Literasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Manajemen Pendidikan-Dasar Menengah Tinggi (JMP-DMT), 2(2), 14.

Widoyoko, Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Jakarta: Kencana, 2013.




DOI: https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v3i1.9465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.