Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (Mam) Pada Materi Limit Fungsi Di Kelas XI MAN 1 Medan

Marah Doly Nasution, Cici Prastika

Abstract


Matematika merupakan ilmu yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan, khususnya dalam mengembangkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Guru mempunyai tugas untuk memilih model dan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pendidikan karena sampai saat ini masih banyak ditemukan kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam mempelajari matematika. Permasalahan yang diangkat dalam PTK ini adalah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Make-A Match pada materi limit fungsi di kelas XI MA Negeri 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-MIA 5 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 47 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes di setiap siklus. Kriteria yang ditetapkan yaitu  dari siswa mendapat skor . Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Make-A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I diketahui bahwa 23 orang peserta didik (48,94%) tidak tuntas dalam pembelajaran pada materi limit fungsi dan 24 orang lainnya (51,06%) telah tuntas dalam pembelajaran pada materi limit fungsi. Namun pada siklus II telah mengalami peningkatan, 47 orang peserta didik (100%) telah tuntas dalam pembelajaran dan 0% sisanya tidak tuntas, dengan kata lain tidak ada peserta didik yang tidak tuntas. Dengan demikian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Make-A Match mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Limit Fungsi di MA Negeri 1 Medan tahun ajaran 2018/2019.

 

Kata kunci :   Hasil Belajar, Pembelajaran kooperatif Make-A Match

Keywords


Metode Belajar: Pendidikan; Hasil Belajar

DOI:

https://doi.org/10.3059/jppp.v1i1.3059


Full Text:

PDF

References


Nst, Marah Doly. "Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014." EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 1.01 (2015).

Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Hartanto, D., Hidayat, N., & Sazali, H. (2019, January). The Leadership of Head of the Medan City Police Department in Strengthening Community Systems. In 1st Aceh Global Conference (AGC 2018). Atlantis Press.

Hartanto, D. (2019). Kajian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Kepolisian Resort Kota Besar Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2).

Sulasmi, E. (2020). The Development Strategy of Human Resources Management In Children's Social Welfare Institution (LKSA)(Case Study in LKSA AL-Mubaraak Orphanage Bengkulu. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(1), 562-569.

Sulasmi, E. (2019). Evaluation of the Operational Assistance Management (Bop) Management Funding Program at the Bengkulu City Paud Institution. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.