Efektivitas Model Pembelajaran Perancah (Scanffolding) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Berastagi

Amsal Sembiring

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui Model pembelajaran perancah Scaffolding terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian ini adalah dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 240 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran perancah scaffolding dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf eksposisi. Instrumen yang digunakan adalah penugasan dalam bentuk menulis paragraf eksposisi Data yang diperoleh dianalisis dengan nilai rata-rata menulis paragraf eksposisi di kelas eksperimen adalah 78,9 sedangkan untuk menulis paragraf eksposisi di kelas kontrol adalah 63,2 berada pada kategori baik. Pada taraf nyata ? = 0.05 dengan jumlah sampel 30 orang didapat = 0,161, Setelah harga r direkomendasikan terhadap ternyata > atau 7,40 > 0,161 maka memenuhi kriteria pengujian hipotesis dengan berarti ada hubungan antara menulis paragraf eksposis maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran perancah (Scaffolding) terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh kelas X SMA Negeri 1 Berastagi.


Keywords


Menulis Paragraf Eksposisi, Model Perancah (Scanffolding).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i3.5397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran [JPPP]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jppp@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creation is distributed under theĀ Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License