Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Dengan Bantuan Media Video Dalam Pembelajaran Akuntansi

Henny Zurika Lubis, Putry Ramadhani Sopi Pulungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran akuntansi menggunakan model pembelajaran The Learning Cell dengan bantuan Media Video dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa pada pokok bahasan jurnal penyesuaian.. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (action research) dalam bentuk siklus yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu : perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis bahwa adanya peningkatan dari tes awal hanya 10 orang siwa yang tuntas siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 24.39% dengan rata-rata kelas 58.90% menjadi 25 orang siswa dengan persentase ketuntasan 60.98% dengan rata-rata 78.78 pada siklus I yang terjadi, sehingga pada siklus II adanya peningkatan sebanyak 35 orang siswa dengan persentase ketuntasan 90.24% dengan rata-rata kelas 85.98. artinya bahwa adanya peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model The Learning Cell dengan Bantuan Media Video dalam pembelajaran akuntansi.


Keywords


The Learning Cell, Media Video, Hasil Belajar Akuntansi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i2.2228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.