Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi

Rabiatu Idawiyah Tambunan, Saidun Hutasuhut

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 79 siswa dan sampel berjumlah 79 siswa yang diambil secara keseluruhan. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil perhitungan regresi berganda diperoleh persamaan . Hasil uji t menunjukkan perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai yakni pada taraf signifikan ? . Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai yakni pada taraf signifikan ? . Hasil uji f bahwa perhatian orang tua dan lingkungan teman sebaya berpengaruh secara simultan yang memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai yakni pada taraf signifikan ? . Hasil uji R2 sebesar 33,9% bahwa perubahan prestasi belajar dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan lingkungan teman sebaya dan sisanya 66,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajarn 2016/2017.


Keywords


Perhatian Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Ekonomi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i2.2331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.