Diskursus Politik Islam dan Kebijakan Ideologis Media Massa di Sumatera Utara

Nirwansyah Putra, Faizal Hamzah Lubis

Abstract


Stigmatisasi dan labelisasi terhadap imej Islam di media memerlihatkan wacana islamophobia, terorisme, radikalisme hingga fundamentalisme. Di sisi lain, kapitalisasi-industrialisasi media dan perkembangan teknologi komunikasi informasi yang pesat, telah meneguhkan ketergantungan media-media di tingkat lokal ke level nasional dan internasional semakin tinggi. Penyebaran wacana Islam berjalan secara sepihak, terus-menerus dan massif, seperti propaganda. Untuk menyusuri masalah ini, digunakan pendekatan historis-komparatif dan ekonomi-politik. Studi ini memerlihatkan diskursus politik Islam di media merupakan gambaran politik Islam yang terbelah pada pemahaman holistik dan sekuler. Ketiadaan media yang berkonsentrasi pada politik Islam, dan lebih memilih segmentasi umum-sekuler, membuat agenda politik Islam tergantung pada pertimbangan ideologis pemilik dan pilihan segmentasi pasar.

 


Keywords


Industralisasi-Kapitalisasi Media, Politik Islam, Kebijakan Media

DOI:

https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i2.3939


Full Text:

PDF

References


Anto, J., dkk. (2005). Pers Bebas, Tapi Dilibas; Cermin Retak Kebebasan Pers di Sumatera & Aceh. Medan: KIPPAS.

Badan Pusat Statistik. (2010). Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia: Hasil Sensus Penduduk 2010. Jakarta: Badan Pusat Statisik.

Effendy, Bahtiar. (1998). Islam dan Negara: Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik di Indonesia. Jakarta: Paramadina.

Eriyanto. (2005). Analisis Framing Konstruksi Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS.

Kuntowijoyo. (2008). Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan.

McQuail, Dennis. (1991). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar.Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Ruslan, Heri. (2012). "Hikayat Media Massa Islam di Nusantara,". Selasa 10 April 2012. (https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/04/10/m297o9-hikayat-media-massa-islam-di-nusantara), diakses 20 September 2019.

Sudibyo, Agus. (2006). Politik Media dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta: LKiS.

The Union of News Agencies (UNA). (http://www.iinanews.com/page/ public/page.aspx?page_ID=1) diakses 30 September 2019.

Tim Dewan Pers.(2012). Data Pers Nasional 2012. Jakarta: Dewan Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Alamat Redaksi PERSEPSI: Communication Journal:
Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jl. Denai No 217, Indonesia
Kontak: Muhammad Thariq (081264302929)
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/persepsi
email: persepsi@umsu.ac.id

 

 PERSEPSI: Communication Journal Terindeks:

 

 

View My Stats