Covid-19 dan Perubahan Komunikasi Sosial

Jeratallah Aram Dani, Yogi Mediantara

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana perubahan komunikasi sosial berubah secara massal dalam waktu singkat dengan adanya wabah covid-19 yang menular melalui manusia ke manusia, dengan angka korban yang terus meningkat dari hari kehari menurut laporan pemerintah (BNPB). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi dan wawancara yang tidak terstruktur dan informal, menyimpulkan sebagai hasil dan pembahasan, bahwa dari hasil pengamatan ini ,perubahan komunikasi dan kehidupan sosial antar manusia berubah dalam waktu cepat dengan munculnya prasangka terjadap orang yang dianggap ODP (Orang Dalam Pengawasan) bahkan penolakan jenazah akibat covid-19.


Full Text:

PDF

References


Martono, Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial. Perspektif Klasik, Modern, Postmodern, dan Psikolonial. Edisi 1. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Prof. Bungin, Burhan. H. M. 2014. Sosiologi Komunikasi. Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Edisi 1. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Suprapto, Tommy, M.S. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Edisi 1. MedPress. Yogyakarta.

DR. Mulyana, Deddy, M.A. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. . PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id