Komodifikasi Agama dalam Program Siraman Qolbu bersama Ustadz Dhanu di MNCTV

Syarifah Fathimy Azizah

Abstract


Tulisan ini merupakan bagian dari studi tentang komodifikasi agama dalam program Siraman Qolbu bersama ustadz Dhanu di MNCTV. Fokus dari tulisan ini adalah mengungkap bagaimana komodifikasi agama dan bentuk-bentuknya yang terjadi dalam program siraman Qolbu bersama ustadz Dhanu, melalui paradigma kritis ekonomi politik media yang dirumuskan Vincent Mosco dengan fokus pada aspek komodifikasi dan untuk mengungkapkan temuan menggunakan analisis semiotika Roland Barthers. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya praktek komodifikasi dalam bentuk simbol-simbol baik verbal maupun nonverbal yang dikemas untuk meyakinkan penonton serta komodifikasi sosok ustadz Dhanu dalam mengiklankan produk dalam program tersebut.

Kata kunci: program dakwah, komodifikasi agama, ekonomi politik media, analisis Semiotika


Full Text:

PDF Indonesia


DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i1.6583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id