Hubungan Modal Sosial Dengan Produktivitas Petani Sayur (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Barokah Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan)

Mailina Harahap, Surna Herman

Abstract


Modal social (social capital) yang terdapat pada masyarakat tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan manusia. Modal social yang terbangun pada interaksi petani dalam wadah kelompok tani merupakan modal yang terus mengalami perubahan.Dengan demikian kedinamisan petani sayur dalam melaksanakan kegiatan usaha tani tidak terlepas dari modal social yang terbangun pada kehidupan petani sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana modal social yang terdapat pada petani sayur yang dapat di tinjau dari aspek; partisipasi aktif petani, kepercayaan petani, norma social dan tanggung jawab. Sampel penelitian adalah petani sayur dalam Kelompok Tani Barokah Kelurahan Tanah Enam Ratus. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan responden dan data sekunder. Metode analisis data adalah tabulasi dan analisis deskriptif dengan membuat tabulasi frekuensi dari unsur modal social yang diteliti. Hasil hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek yang di analisis pada modal social yang terdiri dari partisipasi aktif, kepercayaan, norma social dan tanggung dominan adalah tinggi. Dengan demikian modal social yang terdapat pada kelompok tani Barokah yang merupakan sampel penelitian merupakan modal social yang membangun untuk pengembangan pertanian di lokasipenelitian.

Keywords


Usaha Tani Sayur, Modal Sosial (Social Caital),Produktivitas Petani

DOI:

https://doi.org/10.30596/agrium.v21i2.1875


Full Text:

PDF

References


BPS. Kota Medan. 2011.

Endang dan Harahap, Mailina. Economic Diversity and Marketing Pattern of Vegetable Farm Business in District of Medan Marelan. Jurnal Ilmu Pertanian Agrium. UMSU. Vol. 19. No.3 Tahun 2015.

Wuysang, Rendy. 2014. Modal Sosial Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Suatu Studi Dalam Pengembangan Usaha Kelompok Tani Di Desa Tincep Kecamatan Sonder. Jurnal Acta Diurna. Vol. III. No. 3.

Fukuyama Prancis. 2001. Social Capital. Civil Society and Development Word Quarttlerly. Hanafie, Rita. 2010. Pengantar ekonomi Pertanian. Andi offset. Yogyakarta.

Putnam, Robert. 2003. Bowling Alone: The Collapse and revival of American Community. New York: Simon and Schester, ISBN 9780684832838.

Widodo, Kunto. 2015. Analisis Pengaruh Modal Sosial terhadap Produktivitas Lahan Jagung. Studi Kasus Kecamatan Pulo Kulon, Kabupaten Grobongan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasbullah, J. 2006. Sosial Kapital: Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia. Jakarta: Mr. United States


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian is abstracting & indexing in the following databases:

  

 

 

agrium