Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) dengan Aplikasi Beberapa Konsentrasi Nutrisi AB Mix dan Monosodium Glutamat pada Sistem Tanam Hidroponik Wick.

Zamriyetti Zamriyetti, Maimunah Siregar, Refnizuida Refnizuida

Abstract


Meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat saat ini juga menyebabkan adanya pergeseran pola konsumsi dan gaya hidup ke arah yang lebih baik. Beberapa tahun terakhir sudah bermunculan perkebunan sayuran yang berbeda dengan konvensional. Industri ini menghasilkan sayuran yang higenis dengan menggunakan teknologi seperti hidroponik. Salah satu komoditi pertanian yang dapat dibudidayakan secara hidroponik adalah sawi (Brassica juncea L.). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aplikasi beberapa konsentrasi AB Mix dan Monosodium Glutamat terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi dengan sistem tanam hidroponik wick. Hasil pengamatan dianalisis menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor, faktor pertama yaitu pemberian nutrisi AB mix yang terdiri 500 ppm/plot, 800 ppm/plot dan 1100 ppm/plot. Faktor kedua pemberian Monosodium Glutamate dengan taraf tanpa pemberian Monosodium Glutamate dan dengan pemberian Monosodium Glutamate. Parameter pengamatan penelitian adalah tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, produksi persampel dan produksi perplot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian nutrisi AB Mix dan monosodium glutamat serta pengaruh interaksi antara nutrisi AB Mix dan Monosodium Glutamat tidak nyata terhadap semua parameter yang diamati.

Keywords


AB mix, hidroponik, monosodium glutamat, sawi

Full Text:

PDF

References


Agustina, H. 2009 Efisiensi Penggunaan Air pada Tiga Teknik Hidroponik Untuk Budidaya Bayam Hijau [Makalah]. Universitas Indonesia

Gardner, P. Franklin, B.R. Pearce, dan R.L.

Mitchell. 1991. Fisiologi Tanaman

Budidaya. Terjemahan oleh Herawati

Susilo. Universitas Indonesia. Jakarta.

Gresinta, 2015. Pengaruh Pemberian Monosodium Glutamat (MSG) Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Kacang Tanah (Arachis Hypogea L.). Pendidikan Biologi Fakultas Teknik dan MIPA Universitas Indraprasta PGRI. Jl. Nangka No. 60 Tb. Simatupang Jakarta Timur.

Harlina, N. 2003. Pemanfaatan Pupuk Majemuk

sebagai Sumber Hara. Institut Pertanian

Bogor.

Haryanto. 2015. Sawi dan Selada. Penebar Swadaya. Jakarta. pp.32-35

Kinasihati, E., 2003. Studi Kebutuhan Nitrogen

Tanaman Selada. Universitas Jember.

Jember

Liferdi, L. 2016. Vertikultur Tanaman Sayur, Penebar Swadaya Grup, Jakarta, pp.8-9

Lingga, P. 2009. Hidroponik Bercocok Tanaman Tanpa Tanah. Jakarta. Penebar Swadaya.

Lufa Farm. 2014. Lufa Farms, Inc.; Patent issued for dynamic growing system journal of engineering. Atlanta.

Marlina, I.,S. Triyono, A. Tusi 2015. Pengaruh media tanam granul dari tanah liat terhadap pertumbuhan sayuran hidroponik sistem sumbu. Jurnal teknik pertanian Lampung Vol.4(2)

Muyassir. 2006. Pemupukan Limbah Monosodium Glutamate dan Gypsum Terhadap Serapan N, P, dan K Tanamn Jagung (Zea mays L). Jurnal Agrista Vol.10, No. 2,: 59-66.

Nobel, A. 2016. Nutrient Solutions For Greenhouse Crops. Dutch: Consultant Plant Nutrition in Horticulture

Novizan, 2001. Petunjuk Pemupukan yang

Efektif. Agromedia Pustaka. Jakarta

Panji. 2008. Apakah Pengaruh Monosodium Glutamat Terhadap Kesuburan Bunga. http://www.id.answers.yahoo.com Diakses 20 Maret 2009

Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO Vol. 1.No.2 Tahun 2014, 43.

Rukmana, R. 2007. Bertanam Petsai dan Sawi. Kanisius, Yogyakarta. Hal: 11-35




DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v22i1.3105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.