Analisis Determinan Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Yusneni Afrita Nasution, Umi Kalsum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Current Ratio dan Total Assets Turnover Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Pertambangan Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsia dan simultan. Dalam penelitian ini diketahui adanya penurunan Current Ratio dan Total Asset Turnover sehingga diduga berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi Perusahaan Pertambangan Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2020 yaitu sebanyak 22 perusahaan. Sementara sampel nya sebanyak 8 perusahaan, pengambilan sampel yang dapat diambil dari populasi tersebut, dan pemilihan sampel penelitian ini ditentukan secara purposive sampling. Purposive sampling merupakan salah satu teknik pengambilan secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Sering kali banyak batasan yang menghalangi peneliti mengambil sampel secara acak, sehingga dengan menggunakan purposive sampling, diharapkan cerita sampel yang  diperoleh benar-benar sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi, yaitu data yang berupa laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi dengan tingkat signifikan 5%. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS for Windows versi 18.00.


Keywords


Current Ratio, Total Assets Turnover dan Pertumbuhan Laba

Full Text:

PDF

References


Agustina, & Silvia. (2012). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 2(2), 113-122.

Alpi, M. F., & Gunawan, A. (2018). Pengaruh Current Ratio Dan Total Asset Turnover Terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Plastik Dan Kemasan. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma 17(2), 1-36.

Andryani, I. (2015). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bsinis Sriwijaya13(3), 343-357.

Gunawan, A., & Wahyuni, S. F. (2013). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perdagangan Di Indonesia. Jurnal Manajemen & Bisnis 13 (1), 63-84.

Harahap, S. S. (2018). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan .Cetakan 12. Edisi Pertama. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery. (2015). Analisis Kinerja Manajemen. Jakarta: Grasindo.

------ (2015). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Grasindo.

------ (2017). Balanced Scorecard for Business. Jakarta: Grasindo.

------- (2017). Kajian Riset Akuntansi. Cetakan I. Jakarta: Gramedia.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Medan: Umsu Pers.

Kasmir. (2015). Analisis laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Edisi 8. Jakarta : Rajawali Pers

-------- (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana.

Kasmir, & Jakfar. (2013). Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Certakan Kedua.

Jakarta: Kencana.

Munawir, S. (2014). Analisa Laporan Keuangan. Cetakan 13. Edisi Ke empat.

Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit Andi. Peranginangin, A.M. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan

Laba pada Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Consumer Goods Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi dan Manajemen 2 (5), 1-18

Qur'aniah, M., & Isynuwardhana, D. (2018). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Modal ventura Syariah. e-Proceeding of Management 5(2), 1-10.

Rambe, M. F., Gunawan, A., Julita, Perlindungan , R., Gultom, D. K., & Wahyuni, S. F. (2015). Manajemen Keuangan. Medan: Citapustaka Media.

Setianto, B. (2015). Investasi Nilai Wajar Saham. Jakarta: Gramedia.

Shatu, Y. P. (2016). Kuasai Detail Akuntansi Perkantoran. Jakarta: Pestaka Ilmu Semesta.

Sujarweni, V. W. (2017). Manajemen Keuangan Teori, Aplikasi dan Hasil Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Timotius, K. H. (2107). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yuniningsih. (2018). Dasar Dasar Manajemen Keuangan. Sidoarjo: Pindomedia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2F11642

JURNAL RISET AKUNTANSI DAN BISNIS  is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

Creative Commons License

Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats JRAB