SOFT COMPETENCY: UPAYA MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PERUSAHAAN DALAM ERA PERSAINGAN GLOBAL (PENDEKATAN RBV)

Jufrizen ., Roni Parlindungan

Abstract


Kompetensi merupakan kombinasi antara skill, atribut personal, dan knowledge yang tercermin melalui perilaku kinerja (job behavior) yang dapat diamati, diukur dan dievaluasi. Soft competency berkaitan dengan leadership, communication, interpersonal relation. Biasanya diukur dengan Emotional Intelligent Quotient (EQ). Kritik paper ini terhadap Research Based View (RBV) terutama pada belum adanya definisi yang jelas mengenai peran sumber daya manusia (SDM) di dalam lingkungan perusahaan sebagai bagian dari strategi, apakah diperlakukan sebagai aset atau liability. Hal ini mengingat tidak semua personalia perusahaan dapat digolongkan sebagai aset. Jika demikian, perusahaan yang SDM-nya lebih perubahan orientasi pasar dari monopoli, captive menjadi persaingan (competitive market) , keraguan juga muncul, apakah basis pelanggan (customer base) dapat dianggap sebagai sumberdaya yang dapat di-internalized, atau harus dianggap sebagai faktor luar merupakan variabel yang sulit diperkirakan preferensinya.


Keywords


Ekonomi; Jurnal; Online;Riset; Akuntansi; Bisnis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v14i1.153