Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Jumlah Penjualan Pada PT Fajar Agung Medan

Hastari Ningtyas, Henny Zurika Lubis

Abstract


Biaya kualitas adalah segala pengeluaran yang mendukung perbaikan kualitas suatu produk akan dimasukkan sebagai biaya kualitas. Dan sebagai biaya-biaya sehubungan dengan aktivitas untuk mengontrol kualitas dan dalam mengoreksi risiko kegagalan yang timbul. Biaya kualitas dikelompokkan kedalam 4 (empat) kategori, yaitu biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas terhadap jumlah penjualan pada PT. Fajar Agung Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa biaya kualitas secara simultan (uji F) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah penjualan. Namun tidak demikian bila diuji secara parsial (uji T), hasil pengujian menunjukkan bahwa biaya kualitas secara parsial (uji T) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah penjualan. Dengan adjusted R square diketahui bahwa biaya kualitas memiliki pengaruh sebesar 78,9% terhadap jumlah penjualan.


Keywords


Biaya Kualitas, Jumlah Penjualan

References


Erlina, Sri Mulyani, (2007). Metodelogi Penelitian Bisnis. Terbitan Pertama, USU Press, Medan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2018. Buku Petunjuk Teknik Penulisan Proposal Penelitian dan Penulisan Skripsi. Medan.

Hansen, Don R dan Maryanne M, Mowen (2009), Akuntansi Manajerial. Edisi 8., Salemba Empat

Hansen, Don R dan Maryanne M, Mowen (2006), Management Accounting, Edisi 7, USA: Thompson Learning

Higgin S, Robert C., (2006). Analysis for Financial Management : Seventh Edition. Mc Graw-Hill, Singapore.

Horne, James C. Van dan John M. Machowicz, (2005). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Edisi pertama penerjemah Dewi Fitri Asari dan Deno A. Kwary, Salemba Empat, Buku Satu, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia, (2009). Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat : Jakarta

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

Mulyadi. (2008). Akuntansi Biaya 5. Yogyakarta : BPFE UGM

Mursyidi. (2008). Akuntansi Biaya. Bandung ; Refika Aditama

Nasiah, (2007). Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Penjualan Tandan Buah Segar pada PT. Syuhbrasta. USU : Medan

Susanto, Budi, (2005). Analisis Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan pada Divisi Tempa dan Cor PT. Pindad (Persero). Bandung.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana, (2006). Total Quality Management. Edisi Revisi, Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husen, (2008). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v18i1.2044