Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Berfikir Abstrak Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi
Abstract
Proses pembelajaran di perguruan tinggi saat ini masih banyak menekankan pengembangan mahasiswa sebagai individu yang harus terus menerima materi dan jarang yang mengembangkan mahasiswa sebagai individu yang harus menelaah materi yang telah dipelajari dengan cara menganalisis masalah dari materi yang telah dipelajari atau diajarkan oleh dosen. Fenomena seperti ini menjauhkan mahasiswa dari semangat untuk mendalami materi lebih rinci berdasarkan masalah yang diperoleh, dan akhirnya menjadi sumber peyebab kesenjangan hasil pendidikan yaitu yang belajar dengan memahami masalah akan sukses, yang tidak mengerti cara menyelesaikan masalah akan tertinggal.
Tujuan penelitian untuk mengetahui:
(1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pengajuan masalah dan mahasiswa yang dibelajarakn dengan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah.
(2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memiliki kemampuan berfikir abstrak rendah dengan mahasiswa yang memiliki kemampuan berfikir abstrak tinggi.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen ( quasy experimental research
method) dengan popolasi seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi
FKIP UMSU semester I peserta matakuliah Pengantar Akuntansi Keuangan Dasar I atau praktikum Akuntansi Jasa yang terdiri dari 5 kelas dengan Jumlah peserta kuliah sebanyak 205 orang orang. Variabel yang diukur adalah Variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan Kemampuan Berfikir Abstrak, metode pembelajaran dibedakan atas metode pembelajaran pemecahan masalah dan metode pembelajaran pengajuan masalah, sedangkan Kemampuan Berfikir Abstrak dikelompokkan menjadi Kemampuan Berfikir Abstrak tinggi dan Kemampuan Berfikir Abstrak rendah. Variabel terikat adalah hasil belajar akuntansi .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran. Jakarta: BSNP.
.Djaali. 2002. Psikologi Pendidikan . Jakarta: PPS UNJ.
Gagne, R. M, 1977. The Condition of Learning. New York: Halt Rinerhart and
Wisnston.
Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid, A. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: PPs UNIMED.
Hamjah, B. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Http;//dosen kreatif .woord press diakses tanggal 2010/02/01/ptk
Khodijah, Nyanyu. 2006. Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.
Miarso, Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Mulayasa, E. 2005. Menjadi Dosen Proffesional. Bandung: Rosda Karya.
Nasution, S. 2005. Teknologi Instruksional . Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sabri, A. 2005. Metode Belajar Mengajar dan Mikro Teaching . Jakarta: Quantum
Teaching.
Sanjaya, W. 2009. Metode Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada Media.
Semiawan, Conny R. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat , Jakarta : PT
Grasindo.
Peserta didiknto, Joko. 2008. Metode Pembelajaran Pemberian Tugas Pengajuan
Soal (Problem Posing) dan Pembuatan Simulasi Komputer dengan
Memperhatikan Kemampuan Berfikir Abstrak (Penelitian pada Mata Kuliah
Fisika Dasar II Pokok Bahasan Arus Bolak-Balik Mahapeserta didik Jurusan Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang Tahun 2007/2008). Tesis : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Slameto. 2003. belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Suparman, A. 1995. Desain Instruksional . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Surakhmad, W. 1982. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar: Dasar dan Teknik
Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.
Suryabrata, Sumadi. 1993. Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Teori Grafindo
Persada
------------------------. 2002. Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Teori Grafindo
Persada
Uno,Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta; Bumi Aksara.
Winkel, W,S. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
----------------. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik . Jakarta : Gaung Persada
DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v12i1.396