PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS LCMS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Seprida Hanum Harahap

Abstract


Proses pembelajaran yang dilakukan di kelas selalu menerapkan sistem pembelajaran yang terpusat dimana mahasiswa selalu mengharapkan sumber dari pengajar saja, sedangkan mahasiswa dalam hal ini tidak terlalu aktif di kelas disebabkan karena keterbatasan waktu yang ada di kelas. Sehingga kegiatan belajar tidak kreatif karena mahasiswa tidak dituntut untuk mandiri dalam kegiatan pembelajaran. Melalui pemanfaatan bahan ajar berbasis E-learningdiharapkan dapat mengatasi permasalahan kegiatan pembelajaran. Moodle merupakan singkatan dari
modular object-oriented dynamic learning environment. aplikasi ini dibangun untuk kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan jaringan internet melalui situs web dan menggunakan prinsip sosial constructionist pedagogy dimana dapat membantu pengajar didalam proses pembelajaran dari segala sudut pandang. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan sampel jenuh yaitu jumlah populasi sama dengan jumlah sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview serta dokumentasi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah adanya interaksi antara dosen dan mahasiswa di dalam proses pembelajaran, selain itu e-learningjuga berfungsi sebagai forum diskusi antara dosen dan mahasiswa, dan juga dapat digunakan sebagai kuis online, sehingga semua kegiatan proses pembelajaran menjadi sangat efektif.


Keywords


Ekonomi, Jurnal, Online, Akuntansi, Bisnis, proses pembelajaran

Full Text:

PDF

References


B. Lena Nuryanti. 2004, Model Pembelajaran E-learningmelalui Homepage sebagai

Media Pembelajaran sehingga diharapkan dapat Meningkatkan Minat dan

Kreativitas Siswa.

Bogdan, R, dan Biklen, S. K. 1982, Qualitative Research for Education: An

Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Clark, R. C. dan Mayer, R. E. (2003). E-Learning and the science of instruction. San

Fransisco: Jossy-Bass/Pfeiffer.

Davis, G. B. (1993). Kerangka dasar sistem informasi manajemen (Terjemahan

Andreas S. Adiwardana) Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jalarta: Rineka

Cipta.

Harry B. Santoso, (2008). e-Learning: Belajar Kapan Saja, Dimana Saja.

Herman Dwi Surjono. (2007). Pengantar E-learning dan Implementasinya di

UNY. Makalah disampaikan pada Pelatihan Pembelajaran online UNY, 25 Juli

Martin Dougiamas. (2004). E-Learning Philosohpy, http://docs.moodle.org/24/

en/Philosophy.

Nedelko, Zlatko. (2008). Participants Characteristics for E-Learning.

http://www.g-cass.com. Diakses: 2 Juni 2011

Stockley, D. (2012). E-Learning Definition and Explanation. [Online]. Tersedia:

http://derekstockley.com.au/elearning-definition.html [24 Februari 2012].

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R and D. Bandung;

Alfabeta.

The American Society for Training and Development (ASTD). (2012). Definition of

eLearning. [Online]. Tersedia: http://www.about-elearning.com/definition-ofelearning.html . [23 Februari 2012]




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v15i1.429