Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Menggunakan Mind Mapping Pada Layanan Penguasaan Konten

Desi Murni Lasari, Muhammad Iqbal

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan metode mind mapping dalam meningkatkan minat baca siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (eksperimen), selanjutnya melihat perbedaan minat baca siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan penguasaan konten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen, menggunakan the one group pretest posttest design. Pemilihan subjek menggunakan metode  purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Takengon. Data dianalisis menggunakan teknik statistik non-parametrik yang menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan minat baca siswa kelompok eksperimen yang diberikan layanan penguasaan konten menggunakan mind mapping dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan penguasaan konten biasa (tanpa media).  Hal yang terlihat selama proses pengamatan yang dilakukan ketika siswa mengikuti layanan penguasaan konten, siswa antusias dan mulai termotivasi untuk mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, dengan demikian minat baca siswa terbentuk setelah Guru BK/Konselor memberikan perlakuan layanan penguasaan konten menggunakan mind mapping, siswa mulai memiliki ketertarikan dan fokus untuk mengembangkan minat baca kemudian menyusunnya menjadi konsep yang tersusun dalam mind mapping yang menarik bagi siswa itu sendiri dan keterampilan yang didapatkan tersebut cocok untuk menunjang pembelajaran.

Keywords


Penguasaan Layanan Konten; Mind Mapping; Minat baca

Full Text:

PDF

References


Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Grasindo.

Elfisa, M. K., & Yunaldi. (2012). Layanan Pustakawan Anak Terhadap Anak Di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 206–214.

Khairuddin, Z. (2013). A Study of Students’ Reading Interests in a Second Language. International Education Studies, 6(11), 160–170. https://doi.org/10.5539/ies.v6n11p160

Parikh, N. D. (2016). Effectiveness of Teaching through Mind Mapping Technique. The International Journal of Indian Psychology, 3(3), 148–156.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. UNP Press.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Sandjaja, S. (2001). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan. Psikodimensia Kajian Ilmiah Psikologi, 2(1), 17–25.

Siregar, A. R. (2004). Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Universitas Sumatera Utara.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Graha Ilmu.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Bumi Aksara.

Sutanto, W. (2008). Mind Map Langkah Demi Langkah: Cara Mudah dan Benar Mengajarkan dan Membiasakan Anak Menggunakan Mind Map untuk Meraih Prestasi. Gramedia.

Wahadaniah, H. (1997). Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pengembangan Minat dan Kegemaran Membaca. Dalam Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Laporan Lo). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wallace, P., Goldstein, J. H., & Nathan, P. E. (2007). Introduction to Psychology. Wm. C. Brown.

Yusuf, A. M. (2013). Metodologi penelitian:kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. UNP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v3i3.5316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Biblio Couns Stats