Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Sekolah Menengah Atas

Meri Haryani, safri Irawan, Hera Wahyuni

Abstract


Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan peneliti banyaknya siswa yang memiliki Percaya diri yang tergolong rendah, hal ini terlihat dari banyaknya guru bidang studi yang melapor kepada guru BK. Tujuan dari penelitian tindakan Bimbingan Konseling ini adalah untuk memperoleh data dan informasi Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam upaya meningkatkan percaya diri peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Atas semester 2 (dua) tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 36 siswa. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pembahasan dan analisi data pada bab terdahulu dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan tindakan simulasi, cerita dan permainan, serta dengan memberikan atau penghargaan dapat meningkatkan Percaya Diri siswa dalam belajar.


Keywords


Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok; Percaya Diri.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. “Prosedur Aristiani,Rina.2016.Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual.Kudus:SMA 2 Kudus.[ONLINE].Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 2 (Juli-Desember 2016) Print ISSN 2460-1187,Onine ISSN 2503-281X.Diakses 24 Februari 2019.

Christiana, E dan Wahyu, N. E. S. 2010. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 8 Surabaya Dengan Konseling Kelompok Gestalt. Surabaya: Unnesa. (http://himcyoo.files.wordpress.com, di unduh 6 Agustus 2012)

Erlangga,Erwin.2018.Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa.Semarang:Universitas Semarang.[ONLINE]. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi. Volume 4, Nomor 1, 2018: 149-156. eISSN: 2502-2903, pISSN: 2356-3591.Diakses 24 Februari 2019.

Gael Lindenfield, Alih bahasa Ediati Kamil. 1997. Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jepara: Silas Press.

Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa Swara

Indraswari,Fauziah Yuli dan Pratiwi Titin Indah.2013.Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerja Sama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas X-1 Sma Negeri 3 Lamongan.Semarang: Universitas Negeri Semarang.[ONLINE].Jurnal BK UNESA. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013, 208-215. Diakses 24 Februari 2019.

Luxori, Y. 2001. Percaya Diri. Jakarta : Khalifa.

Prayitno & Amti Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rahayuningdyah,Endah.2016.Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Negeri 3 Ngrambe.Ngawi:SMP 3 Ngrambe.JIPE Vo. I No. 2 Edisi September 2016 /p-ISSN2503-2542 e-ISSN 2503-2550. Diakses 24 Februari 2019.

Santrock, Jhon W. 2003. Adolescensce (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.

Santrock, Jhon W. 2003. Adolescensce (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.

Surya, H. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta : Gramedia.

Syam,Asrullah dan Amri.2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare).Parepare:Universitas Muhammadiyah Parepare.[ONLINE].Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017.Diakses 24 Februari 2019.

Vandini,Intan.2015. Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.Jakarta:Universitas Indraprasta ADABIAH .[ONLINE]. Jurnal Formatif 5(3): 210-219, 2015.ISSN: 2088-351X. Diakses 24 Februari 2019.

Yasmin,Zawani.2016.Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Teman Sebaya Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.Medan:Universitas Sumatera Utara.[ONLINE].Diakses 24 Februari 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v5i1.6947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Biblio Couns Stats