Perbandingan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran RADEC dan Discovery Learning Siswa Kelas V UPT SPF SDN Parang Tambung I Makassar

Sri Wahyuni, Khaeruddin Khaeruddin, A. Husniati

Abstract


Diskursus model pembelajaran dalam dunia pendidikan telah berkembang sedemikian rupa, dan telah menyumbangkan baik inovasi model maupun alat pembelajaran. Namun demikian, pedagogi guru yang berkaitan dengan kreativitas dan inovasi masih belum terlalu mengalami progresivitas yang signifikan, terutama dalam hal mengembangkan model pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran RADEC dan Discovery Learning. Penelitian kuantitaif berjenis Quasi Eksperimental Design dengan desain Non-equivalent Control Group ini, diupayakan untuk mengetahui dan dengan demikian, juga membandingkan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN Parang Tambung I Makassar, sekaligus mengukur sejauh mana efektivitas penerapan kedua model pembelajaran tersebut, terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar. Hasil yang telah diperoleh menunjukkan, bahwa penggunaan model pembelajaran RADEC memberikan perbedaan angka hasil yang cukup signifikan secara statistik, baik dalam keterampilan proses sains maupun hasil belajar para siswa daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran RADEC lebih tinggi dengan angka 85,52 daripada kelas Kontrol, yang menggunakan model pembelajaran discovery learning, di mana rata-rata keterampilan proses sains hanya 81,29. Sementara untuk hasil belajar kelas Eksperimen, siswa juga memperoleh rata-rata nilai lebih tinggi sekitar 84,66 dibandingkan dengan kelas Kontrol yang hanya mendapatkan angka 81,07

Keywords


Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Model Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Tawil, L. L. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. : Badan Penerbit Unm.

Martinis, Y. (2013). Strategi dan metode dalam model pembelajaran. In Strategi dan metode dalam model pembelajaran. GP Press Group.

Mujtahidin, M. (2018). The Analysis of Instructional Mistake in Formulating Indicator of Attainment Competence on Civic Education in Elementary School. 173 (Icei 2017), 238241. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.62

Hanafiah, C. S. (2014). Konsep strategi pembelajaran. PT Refika Aditama.

Neriasari, D. P., & Ismawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Prestasi Belajar Menulis Eksplanasi Belajar Siswa ( Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri Pacitan ). Pendidikan Bahasa, 7(2), 436447.

Putra, R. E., Permana, A. D., & Kinasih, I. (2014). Application of Asiatic honey bees (Apis cerana) and stingless bees (Trigona laeviceps) as pollinator agents of hot pepper (Capsicum annuum L.) at local Indonesia farm system. Psyche (London), 2014. https://doi.org/10.1155/2014/687979

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=R1FAcZYAAAAJ&citation_for_view=R1FAcZYAAAAJ:u5HHmVD_uO8C

Sopandi, W. (2017). The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education, 8(229), 132139.

Suherti, H., & Tsuroya, T. F. (2019). Implementasi Model Cooperative Learning Teknik Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mengajar dalam Program Latihan Profesi. Jurnal Soshum Insentif, 6779. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.49

Suyanto & Asep Jihad. (2012). Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru Di Era Global. Esensi Erlangga Grup. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=nMEVBQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Suyanto,+Dan+Asep+Jihad.+2012.+Menjadi+Guru+Profesional,+Strategi+Meningkatkan+Kualifikasi+dan+Kualitas+Guru+Di+Era+Global.+Jakarta:+Esensi+Erlangga+Grup.&ots=gFEKPJcXzQ&sig=Gcnze

Vygotsky, L. S. (1962). The Development of Scientific Concepts in Childhood. In The Development of Scientific Concepts in Childhood. (Hanfmann, p. 168). Cambridge, MA, US: MIT Press, xxi. https://psycnet.apa.org/buy/2006-10268-006




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.11279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.