Implementasi Model Pembelajaran Case Metodh Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa

Abdul Rahman, Azizah Azizah, Nurul Kami Sani

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini diawali dengan mahasiswa cenderung malas dan kurang memperhatikan selama proses perkuliahan berlangsung karena menganggap mata kuliah Konsep Dasar Sains SD cukup menjenuhkan dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah apakah implementasi case methode dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah Konsep Dasar Sains SD di PGSD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain pada penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan alur pelaksanaan dimulai dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus pada materi Gaya dan Gerak. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa kelas A semester I yang memprogramkan mata kuliah Konsep Dasar Sains SD. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar, lembar aktivitas dosen, dan lembar aktivitas mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai motivasi belajar sebesar 34,4 dengan kategori kurang, nilai aktivitas dosen sebesar 72,25 dengan kategori cukup dan nilai aktivitas mahasiswa sebesar 73,15 dengan kategori cukup. Pada siklus II diperoleh motivasi belajar sebesar 47,36 dengan kategori baik, nilai aktivitas dosen sebesar 87,5 dengan kategori sangat baik dan nilai aktivitas mahasiswa sebesar 88 dengan kategori sangat baik. Perolehan nilai motivasi belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran case metodh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran case metodh dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Prodi PGSD Universitas Tadulako.

Keywords


case metodh, motivasi belajar, konsep dasar sains SD

Full Text:

PDF

References


Anas & Aryani. (2014). Motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Vol 16, No 1, hal. 41-46.

Attard, A., Di Lorio, E., Geven, K. and Santa, R. (2010). Student-centred learning Toolkit for students, staff and higher education institutions. Brussels: European Students Union. http:// www.esib.org/index.php/Publications.

Azizah & Fatimah, N. (2022). Pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar ipa siswa kelas v sdn kapopo. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.6, No.1. Hal 9-17.

Faridi A, Bahri S, dan Nurmasitah S. (2016). The problems of applying student centered syllabus of english in vocational high schools in kendal regency. English Language Teaching. 9(8):231240.

Ilhami R. C., Purwandari R., & Afandi A. T. (2019). Penerapan model pembelajaran student centered learning (scl) di fakultas keperawatan Universitas Jember. Jurnal Dunia Keperawatan, Volume 7, Nomor 2, hal 106-117.

Juniarti, Y. (2018). Peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui media celemek pintar. Jurnal Audi. Vol III, No. 1 Hal 27-32.

Jusnaidi, A dkk, 2020). Panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di era industri 4.0 untuk mendukung merdeka belajar-kampus merdeka. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardapi, D. (2018). Teknik penyusunan instrument tes dan non tes. Yogyakarta: Nuha Medika.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Dikdaya, Vol 5, No 1. Hal 34-45.

Mendari, A.S. & Kewal, S.S. (2015). Motivasi belajar pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XIII, No.2, Hal 1-13.

Mukhlis. (2017). Meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui pembelajaran model problem solving materi stoikiometri. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196.

Sobri M., Muid A., & Daud S.M. (2021). Penggunaan model Pembelajaran case method dalam mengatasi demotivasi belajar during mata kuliah muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi. Jurnal AD-DHUHA, VOL 2 No. 2. Hal 1-11.

Suharsimi, A. (2011). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

T. Morrison. (2015). Actionable learning: a handbook for capacity building through case based learning.

Vahlepi S., Helty, & Tersta F.W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 5, No 3. Hal 10153-10159.

Weimer, M. (2002) Learner- centered Teaching: Five Key Changes to Practice. San Francisco: ossey- Bass.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.11612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.