Analisis Diskriminan Penggunaan Facebook di Kalangan Anak Remaja

Dian Novianti Sitompul

Abstract


Analisis Diskriminan Linear digunakan untuk mengklasifikasikan individu kedalam salah satu dari dua kelompok atau lebih Penelitian ini berisi tentang kajian pengguna aktif dan pengguna tidak aktif facebook. Yang menjadi responden adalah siswa-siswa SMP negeri 27 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan antara siswa aktif menggunakan facebook dengan siswa yang tidak aktif menggunakan facebook yang terdiri dari variable keaktifan, frekuensi akses dalam menggunakan facebook, durasi dalam mengakses facebook, frekuensi upload foto/ video, frekuensi update status, dan frekuensi membagikan tautan. Variabel durasi dalam mengakses facebook, frekuensi upload foto/ video, frekuensi update status, dan frekuensi membagikan tautan merupakan variable pembeda antara pengguna aktif dan pengguna tidak aktif facebook. Hal ini terkait dengan fungsi facebook yang digunakan oleh berbagai kalangan dimana kemudahan mengakses penggunaannya akan berpengaruh terhadap jumlah keaktifan pengguna facebook. Terbukti dengan jumlah pengguna aktif facebook lebih besar dari pada yang tidak aktif. Model diskriminan yang terbentuk ternyata valid untuk digunakan karena tingkat ketepatannya cukup tinggi yaitu 75%.

Kata Kunci: Facebook, Analisis Diskriminan,

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v4i1.1883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats