Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Smp Swasta Nasrani 3 Tahun Pelajaran 2019/2020

Erikson Sihombing, Anisah Anisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Nasrani 3. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Swasta Nasrani 3. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes Kemampuan Menulis Puisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari skor rata-rata skor kemampuan menulis puisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW dengan rata-rata dikoreksi (res)A1 = 28,84 sedangkan skor kemampuan menulis puisi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori dengan rata-rata dikoreksi (res)A2 = 25,47, sedangkan ttabel = 2.036. karena thitung ? ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW (A1) dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori (A2).


Keywords


pembelajaran TTW, Pembelajaran Ekspositori, kemampuan menulis puisi

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. (2003). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Standar Isi, Standar Kelulusan. Depdiknas, Jakarta.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

lfiah dan Santosa, Yunarko Budi. (2009). Pengajaran Puisi: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniawan, L.A. (2014). Pengoptimalan Blog dalam Upaya Menunjang Keterampilan Menulis Mahasiswa dalam Jurnal Sasindo Vol.2 Nomor 1 (Juli 2014), h.61.

Muhibbin. (2003). Psikologi pendidikan, Bandung: Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan, Gunawan, Marzuki. (2009). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukino, (2010). Menulis Itu Mudah. . Pustaka Populer: Yogyakarta.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Kritik sastra Modern. Yogyakarta: Gama Media




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.