Pengaruh Supervisi Dan Kompetensi Melalui Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Man Se-Kota Medan

Ellya Hafni

Abstract


Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, dimana manusia dapat membina kepribadiannya dengan mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala madrasah dan kompetensi diri terhadap kinerja guru dan disiplin kerja guru MAN se-Kota Medan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Se-Kota Medan, tepatnya di MAN 1 Medan dengan alamat jalan Williem Iskandar No.7b Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung, MAN 2 Model Medan dengan alamat jalan Williem Iskandar No.7a Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung dan MAN 3 Medan dengan alamat Jalan Pertahanan Patumbak No. 99 Sigaragara Patumbak. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan Januari Februari 2019. Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 162 orang dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik totally sampling. Hasil penelitian pada pengujian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang positi dan signifikan antara supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi guru yakni sebesar 0,305, terdapat pengaruh yang positi dan signifikan antara supervisi secara langsung terhadap kinerja guru sebesar 0,186, terdapat pengaruh yang positi dan signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja guru MAN Se-Kota Medan yakni 0,125 atau 12,5%, terdapat pengaruh positif dan signiikan antara disiplin kerja secara langsung terhadap kompetensi diri sebesar 0,226, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadapkinerja guru yakni 0,341 atausebesar 34,1%.

Keywords


Supervisi, Kompetensi guru, Disiplin Kerja Guru, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Fathurrohim, Hadi, Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 33 Tahun Ke-5(2016): 114-120

S, Tatang, 2016, Supervisi Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung

Hardiana, T., Parijo, &Utomo, B. B, 2013, Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas X di SMK Muhammadiyah Pontianak, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,Vol 2(9).

Barnawidan, Arifin, 2012, Kinerja Guru Profesional, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta

Mulyasa, H.E, 2014, Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Suhardan, Dadang, 2010, Supervise Profesional, Alfabeta, Bandung

Himpunan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2003) cet 2, 2007, SinarGrafika, Jakarta

Mulyasa, H.E, 2007, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Usman, Moh.Uzer, 2002, Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung

Imron, Ali, 2002, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Bumi Aksara, Jakarta

A.M., Sardiman, 2008, Interaksi Dan Motivasi Belajar Dan Mengajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Akrim, M. (2018, July). Media Learning in Digital Era. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.