Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan

Sahlan Lubis

Abstract


Permendiknas RI No.18 Tahun 2007 menjelaskan bahwa ada empat kompetensi sebagai guru profesional yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Kompetensi yang dimiliki guru tersebut menunjukkan pada kinerja seorang guru. Kondisi dilapangan tentang kinerja guru di MAN 2 Model Medan menunjukkan bahwa terdapat permasalahan yang dihadapi diantaranya yaitu tidak nyamannya guru dengan lingkungan kerjanya  yang mengakibatkan beberapa guru mengalami penurunan dalam hal kedisiplinan seperti  guru yang datang terlambat dan pengumpulan rencana pembelajaran yang tidak tepat waktu serta kurangnya motivasi para guru untuk meningkatkan kinerjanya. Adapun tujuan dari  penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru secara parsial dan simultan. Seluruh PNS yang ada di MAN 2 Model Medan sebanyak 68 orang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Setelah dilakukan penyebaran angket, data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan diteruskan dengan menguji R square dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menggunakan uji t (parsial) membuktikan bahwa lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Adapun hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwasanya lingkungan kerja, disiplin kerja, dan motivasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi Product Moment (ryx) sebesar 0,617 dan koefisien determinasi (ryx2) sebesar 0,380. Hal ini memiliki arti bahwa  apabila  Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja secara bersama-sama ditingkatkan, maka kinerja guru juga akan meningkat secara signifikan

Keywords


Lingkungan, Disiplin, Motivasi, Kinerja Guru

DOI:

https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4391


Full Text:

PDF

References


Pramudyo, A, 2010, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri Dipekerjakan pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Jurnal Managemen Sumberdaya Manusia, Vol 1(1).

Departemen Pedidikan Dan Kebudayaan. 1998, Panduan Manajemen Madrasah. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Suharsaputra, U., 2012, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan, PT. Refika Aditama, Bandung.

Nitisemito, Alex, S., 2013, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Husin, 2000, Aplikasi Statistik Praktis Dengan SPSS 9, PT. Elex Media, Jakarta

Uno, Hamzah B, 2008, Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta

Usman, M.U., 2013, Menjadi Guru Profesional., Rosdakarya, Bandung

Sedarmayanti, 2001, Sumber Daya Manusia Dan Produktifitas Kerja, Mandar Maju, Bandung

Arifin, Z., 2012, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Mulyasa, E., 2004, Menjadi Guru Profesional, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Agustini, F., 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan: Pendekatan Pengelolaan Sumberdaya Manusia Sebagai Kompetensi Inti Dalam Suatu Organisasi, Madenatera, Medan.

Rivai, V., 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Raja Grafindo, Jakarta

Supomo Dan Nurhayati., 2018, Manajemen Sumber Daya Manusia, YramaWidya, Bandung

Hamalik, O., 2011, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats