Manajemen Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah Untuk Menaikkan Mutu Pendidikan (Studi di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta Kota Langsa)

Ahmad Syahbuddin

Abstract


Pendanaan pendidikan yang terkenal dengan program dana BOS, menuntut sekolah agar dapat membuat rencana, melaksanakan, mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan pengendaliananggaran pendidikan secara jelas kepada pemerintah dan masyarakat. Sekolah harus membuat prioritas skala keperluan sekolah yang terpenting dan berdampak langsung kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang ditetapkan pemerintah. Kepala sekolah berperan sebagai penanggung jawab pemanfaatan dana BOS di sekolah mempunyai tugas yang besar untuk mengelola distribusi pendanaan untuk operasional sekolah. Keberadaan dana BOS, diharapkan layanan pendidikan dasar memberi kenaikan kriteria penilaian supaya mendorong daya saing sampai tuntas Wajib Belajar 9 tahun.

Dengan adanya dana BOS diharapkan dapat mengurangi beban pendidikan yang ditanggung oleh orang tua siswa, dan bahkan jika dimungkinkan mendapatkan pendidikan secara gratis bagi siswa miskin atau setidaknya dapat bersekolah dan menuntaskan pendidikan dasar. Jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawacnara dan dokumentasi. Prosedur yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa Manajemen pemanfaatan dana bantuan operasional di SD Negeri Paya Bujok Teungoh Kota Langsa dan SD Swasta Al Kautsar Kota Langsa, telah sesuai dengan petunjuk yang diberikan, dimulai dari perencanaan anggaran, pengorganisasian, pelaksanaan anggaran dan evaluasi pelaksanaan anggaran, hal ini dibuktikan dengan adanya RKAS meskipun masih ada yang perlu direvisi, SK tim manajemen BOS sekolah, serta laporan pertanggung jawaban penggunaan dana BOS

Keywords


Manajemen, Manajemen PengendalianBantuan Operasional Sekolah, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


2003 Tentang SistemPendidikan Nasional

Mufron] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun, Ali, 2013, Ilmu Pendidikan Islam, Aura Pustaka, Yogyakarta

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Alfabeta, Bandung.

Moleong, Lexy J, 2002, Metode Penelitian Kualitatif, PT Reamaja Rosdakarya, Bandung

Matin, 2014, Manajemen Pendanaan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Seafullah, U, KH, 2012, Manajemen Pendidikan Islam, CV Pustaka Setia, Bandung.

Fatah, Nanang, 2013, Landasan Manajeman Pendidikan, Remaja RosdaKarya, Bandung.

Mulyana, Dedy ,2001, Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainya, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Usman, Husaini, 2013, Manajemen, Teori, Praktik,, dan Riset Pendidikan, PTBumi Aksara, Jakarta.

Supriadi, Dedi, 2010, Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, PT Remaja Rosda-Karya, Bandung.

Sulistyorini, 2009, Manajemen Pendidikan Islam, Sukses Offset, Yogyakarta.

Shulhan, Muwahid, dan Soim, 2013, Manajemen Pendidikan Islam, Teras, Bandung.

Soegito, HAT, 2013, Pergeseran Paradigmatik manajemen Pendidikan,Widya Karya, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.