Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Swasta Kota Langsa

Muktar Janan

Abstract


Penelitian ini bertujuan memberi gambaran penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat dari segi kualitas yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Langsa dan memberi gambaran penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat dari segi kualitas yang dilakukan di SMA Swasta Cut Nyak Dhien Langsa. Penelitian ini menggunakan sumber data diperoleh dari Kepala SMA Muhammadiyah Langsa dan Kepala SMA Swasta Cut Nyak Dhien Langsa, Wakil Kepala Sekolah (Kurikulum, Humas, Sarana dan Prasarana), Guru SMA Muhammadiyah Langsa dan SMA Swasta Cut Nyak Dhien dan Kepala TU SMA Muhammadiyah Langsa dan SMA Swasta Cut Nyak Dhien. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara (interview), pengamatan (observation) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berahsilnya sekolah secara mandiri mengelolasumber daya berupa tenaga pendidik dan kependidikan dengan kriteria penilaian baik,begitu pula dengan hal mengelola sarana dan prasarana sudah cukup baik dan memadai, kemitraan/kerjasama sekolah yang dibuktikan dengan MoU dengan lembaga lain dan juga hubungan penataan yang baik untuk hubungan internal melalui raker, brifieng dan MGMP sudah baik, seluruh warga sekolah mendukung kegiatan dengan partisipasi aktif berupa tenaga, fasilitas dan biaya, kemudahan akses informasi menunjukkan sudah baiknya transparansi sekolah. Validitas sekolah juga dapat dinilai mengalami kenaikan yang dapat dibuktikan dengan akuntabilitas sekolah dilihat dari hasil pembuatan laporan pertanggungjawaban sekolah (LPJ sekolah)

Keywords


Manajemen Berbasis Sekolah, kualitas Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4397


Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim, 2013, Panduan Replikasi Manajamen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar, BukuIII, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan Direktorat Jenderal Pendidikan DasarDirektorat Pembinaan Sekolah Dasar, Jakarta.

Fattah, Nanang, 2012, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (Dalam Konteks Penerapan MBS), PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa, E, 2011, Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi danImplementasi), PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rohiat, 2014, Manajemen Sekolah- Teori Dasar Dan Praktik, Refika, Bandung.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Engkoswara dan Komariah, Aan, 2012, Administrasi Pendidikan, Cet. Ke-III, Alfabeta, Bandung.

Mulyono, 2010, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Nurcholis, 2006, Teori dan Praktek Pemerintahan dan Otonomi Daerah,PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Usman, Husaini, 2011, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi Kedua, PT Bumi Aksara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats