Membumikan Ideologi Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membangkitkan Nasionalisme

Abdul Malik

Abstract


Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Dan Negara Indonesia, Pascareformasi Tahun 1998, Seperti Barang Usang Yang Tidak Diperdulikan, Padahal Berisikan Norma-Norma Moral Yang Diambil Dari Kearifan Lokal Yang Ada Di Indonesia. Namun Dalam Beberapa Tahun Belakangan Ini Muncul Kembali Kesadaran Untuk Mengembalikan Pancasila Sebagai Norma Moral. Hal Ini Dilakukan Karena Melihat Sebagian Besar Warga Negara Indonesia Kehilangan Jati Dirinya Sebagai Bangsa Indonesia. Banyaknya Kasus-Kasus Asusila, Para Pejabat Yang Korupsi, Hilangnya Sifat Gotong Royong Yang Menjadi Ciri Khas Rakyat Indonesia, Perpecahan Antaranak Bangsa, Mengindikasikan Bahwa Pancasila Sebagai Ideologi Mulai Ditinggalkan. Oleh Karena Itu Diperlukan Metode Khusus Untuk Mengembalikan Pancasila Kembali Kepada Tempatnya Semula. Mengadakan Lagi Mata Pelajaran Atau Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Diyakini Sebagai Formula Tepat Untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia Yang Tercabik Akibat Arus Globalisasi

Keywords


Ideologi, Pancasila, Pendidikan, Nasionalisme

DOI:

https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4401


Full Text:

PDF

References


Alam,Wawan Tunggul (Ed.), 2000, Bung Karni Menggali Pancasila, Gramedia, Jakarta.

Asmaroini, Ambiro Puji, “Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi”, Dalam Jpk: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 1, Januari 2017.

Brata, Ida Bagus, Ida Bagus Nyoman Wartha, “Lahirnya Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia”, Dalam Jurnal Santiaji Pendidikan, Vol. 1, No. 7, Januari 2017.

Desti, Tri, “Peran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Karakter Kebangsaan Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi”. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan Iii, Pada Tanggal 11 November 2017, Di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Dianti, Puspa, “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa”, Dalam Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 23, No. 1, 2014.

Doeroso, Bambang, 1989, Dasar Dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila, Semarang: Cv. Aneka Ilmu, 1989, Cet. I., Hlm. 123-124.

Ferry Irawan Febriansyah, 2016, Keadilan Berdasarkan Pancasila, Yogyakarta: Cv. Busi Utama, Cet. I.

Kaelan, 2004, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.

Kassab, Hanna Samir, 2016, The Power Of Emotion In Politics, Philosophy, And Ideology, Palgrave Macmillan, Basingstoke, New Yorke.

Maharani, Septiana Dwi Putri, Dkk., “Indeks Ketahanan Ideologi Pancasila”, Dalam Jurnal Ketahanan Nasional, Vol. 25, No. 2, Agustus 2019.

Marsudi, Subandi Al, 2008, Pancasila Dan Uud 1945 Dalam Paradigma Reformasi, Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Maulia, Siti Tiara, “Pemahaman Konsep Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa”, Https://Publikasiilmiah.Ums.Ac.Id/Bitstream/Handle/11617/10772/4%20siti%20tiara%20maulia.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y, Diakses Tanggal 8 Februari 2020, Pukul 13.08 Wib.

Muladi, 2006, Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Hukum Di Indonesia. Makalah Disampaikan Sebagai Pidato Utama Pada Seminar Nasional Dalam Rangkan Dies Natalis Ke-40 Universitas Pancasila Jakarta, 7 Desember 2006.

Putro, Widodo Dwi, “Pancasila Di Era Paska Ideologi”, Dalam Veritas Et Justitia: Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 5, No. 1, 2019, Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Riyanto, Astim, “Pancasila Dasar Negara Indonesia”, Dalam Jurnal Hukum Dan Pembangunan, Tahun Ke-37, Nomor 3, Juli-September 2007.

Rosyadi, Imron, “Pemikiran Munawir Sjadzali Tentang Pancasila Sebagai Dasar Negara Ri”, Dalam Jurnal Ishraqi, Volume Iv, Nomor 2, Juli-Desember 2008.

Siswanto, “Transformasi Pancasila Dan Identitas Keindonesiaan”, Dalam Jurnal Penelitian Politik, Vol. 14, No. 1, Juni 2017, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta.

Supriyatno, Arie, “Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka”, Dalam Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, Vol. 3, No. 6, Juli 2011.

Suryatni, Luh, “Pancasila Sebagai Ideologi Negara Dan Hak Asasi Manusia Dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, Dalam Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, Fakultas Hukum Universitas Suryadarma, Vol. 5, No. 1, 2014.

Suryohadiprojo, Sayidiman, “Ketahanan Nasional Indonesia”, Dalam Jurnal Ketahanan Nasional, Vol. 2, No. 1, Tahun 1997, Melalui Https://Jurnal.Ugm.Ac.Id/Jkn/Article/View/19163/12424, Diakses Tanggal 9 Februari 2020, Pukul 15.13. Wib.

Suseno, Franz Magnis, 1992, Filsafat Sebagai Ilmu Kritis, Kanisius, Jakarta.

Sutrisno, “Peran Ideologi Pancasila Dalam Perkembangan Konstitusi Dan Sistem Hukum Di Indonesia”, Dalam Jpk: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, Vol. 1, No. 1, Juli 2016.

Warsito, “Internalisasi Nilai-Nilai Luhur Pancasila Dalam Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Di Perguruan Tinggi”, Melalui Https://Www.Researchgate.Net/Publication/331481079_Internalisasi_Nilai-Nilai_Luhur_Pancasila_Dalam_Mata_Kuliah_Pendidikan_Pancasila_Di_Perguruan_Tinggi, Diakses Tanggal 7 Februari 2020, Pukul 08.25 Wib.

Zabda, Sutan Syahrir, “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Falsafah Negara Dan Implementasinya Dalam Pembangunan Karakter Bangsa”, Dalam Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 26, No. 2, Desember 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats