Analisis Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU

Wahidah Yati Nur Berutu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal yang dilakukan Pimpinan Program Studi Bahasa Inggris FKIP UMSU dalam meningkatkan kinerja dosen di Program Studi. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal terhadap peningkatan kinerja pada program studi di UMSU Dan untuk mengetahui apakah sistem penjaminan mutu internal yang dilakukan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU mendukung bagi peningkatan kinerja Dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. Pada penelitian ini sumber data diperoleh dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data dan selanjutnya menganalisis data tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi empat komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penjamin mutu internal di Program Studi dilaksanakan oleh pimpinan program studi dan dibantu oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) yang berkoordinasi dengan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Universitas dan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas. Pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal memiliki dampak dalam bidang pelaksanaan pendidikan, pengajaran, dan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di program studi pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU

Keywords


Penjaminan Mutu Internal, Kinerja Program Studi Bahasa Inggris FKIP UMSU

Full Text:

PDF

References


Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Sulaiman, Ahmad, dan Budi Wibowo. 2014. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Universitas Gadjah Mada.”Universitas Negeri Yogyakarta:S2 Thesis.

Muh. Fitra, Ruslan & Hendra. Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Vol 4 Nomor 1 Pebruari 2018.

Permendiknas Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.

Ridwan, Abdullah Sani, Isda Pramuniati, Anies Mucktiany, 2015. Sistem Penjamin Mutu, Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v6i2.4924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats