Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peran Komite Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah Di Man Kota Medan

Gusma Gabe Sahara Siregar

Abstract


Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) akan berlangsung secara efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional, termasuk kepala sekolah, guru dan pegawai. Selain itu MBS juga didukung oleh dana yang cukup, sarana dan prasarana yang lengkap serta dukungan yang tinggi dari masyarakat. Pendukung-pendukung tersebut pada kenyataannya masih banyak yang belum memadai, sehingga efektivitas manajemen berbasis sekolah masih jauh dari yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas MBS, pengaruh peran komite sekolah terhadap efektivitas MBS, pengaruh kinerja guru terhadap efektivitas MBS dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah secara bersama sama dengan peran komite sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas MBS. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasinya berjumlah 162 orang yaitu guru yang berstatus ASN di MAN 1, MAN 2 dan MAN 3 Kota Medan. Sampel penelitian berjumlah 111 orang, ditentukan dengan memanfaatkan tabel Krejcie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas MBS yaitu sebesar 14,9%; terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh peran komite sekolah terhadap efektivitas MBS yaitu sebesar 18,7%; terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap efektivitas MBS yaitu 24,1% dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, peran komite sekolah dan kinerja guru secara simultan terhadap efektivitas MBS yaitu sebesar 30%

Keywords


kepemimpinan kepala sekolah, peran komite sekolah, kinerja guru, manajemen berbasis sekolah

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) SMA , Direktorat Pembinaan SMA, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. Drs,H. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi aksara, Jakarta.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.44/U/ 2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

Luthans, Fred . 2006 Organizational Behaviour. Diterjemahkan oleh Vivin Andika Yuwono,Shekar Purwanti, Arie P dan Winong Rosari. Perilaku Organisasi. ANDI, Yogyakarta.

Machali, Imam dan Hidayat ,Ara 2016. The Handbook of Edukation Management. Kencana Prenada Media , Jakarta.

Madjid, Abd. 2016. Pengembangan Kinerja Guru melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja,Samudra Biru, Yogyakarta.

Mulyasa. E. 2017. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. PT Remaja Rodaskarya, Bandung.

----------------.2017. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru

Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005

Priansa, Donni Juni. 2017. Menjadi Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Pustaka Setia,Bandung.

Sagala, Syaiful. 2013. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Alfabeta, Bandung.

----------------------l. 2017.Human Capital, Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas . Kencana, Jakarta.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan.Alfabeta, Bandung

Susanto,Ahmad. 2018.Konsep, Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Prenadamedia Group, Depok

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Cet. I; 2003 Mini Jaya Abadi, Jakarata

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Yokyakarta: Pustaka Yustisia, 2006.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i2.4928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.