Efektivitas Pembelajaran Kimia Kelas XI Jurusan IPA SMA Negeri 3 Sorong Semasa Penanganan Covid-19: Evaluasi Model CIPP

Vina N Van Harling, Markus Dwiyanto Tobi Sogen

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kimia semasa penanganan COVID-19 dengan menggunakan model CIPP pada Siswa Kelas XI Jurusan IPA SMA Negeri 3 Sorong. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif sederhana dan pendekatan kualitiatif. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian Efektivitas Pembelajaran Kimia Secara Online Semasa Penanganan Covid-19: Evaluasi Model CIPP Pada Kelas XI Jurusan IPA SMA Negeri 3 Sorong menunjukkan bahwa proses pembelajaran kimia semasa penanganan Covid-19 dinilai baik dan efektif.

Keywords


belajar online, covid-19, kimia, CIPP

References


Anonim1. 2020. (http://sekolah.data.kemdikbud.go.id. 2018)

Arikunto. Suharsimi. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Gunawan, I. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1).

Hasan, Iqbal. (2008). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Holmes, K. V. (2003). SARS-associated coronavirus. New England Journal of Medicine, 348(20), 1948-1951.

Novel, C. P. E. R. E. (2020). The epidemiological characteristics of an outbreak of 2019 novel coronavirus diseases (COVID-19) in China. Zhonghua liu xing bing xue za zhi= Zhonghua liuxingbingxue zazhi, 41(2), 145.

Prawiradilaga,D.S, dkk. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan e-learning. Jakarta: Prenamedia group

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29.

Saija, M., Sahureka, M., Beay, L. K., & Namakule, U. (2019). Keefektifan Program Pembelajaran Kimia Dasar: Evaluasi Model CIPP Pada Jurusan MIPA STKIP Gotong Royong Masohi. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2), 57-62.

Soewarno. 2020. Mengenal Perkembangan Jenis Baru Virus Corona yang Infeksi Ribuan Orang. http://news.unair.ac.id/2020/01/31/mengenal-perkembangan-jenis-baru-virus-corona-yang-infeksi-ribuan-orang/

Susanti, S., Van Harling, V. N., Kurniawan, M. A., & Putra, A. H. P. K. (2019, December). Model of Higher Education Quality Improvement in Indonesia: Relationship between HRM and Information Technology Literacy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1424, No. 1, p. 012035). IOP Publishing.

Van Der Hoek, L., Pyrc, K., Jebbink, M. F., Vermeulen-Oost, W., Berkhout, R. J., Wolthers, K. C., ... & Berkhout, B. (2004). Identification of a new human coronavirus. Nature medicine, 10(4), 368-373.

Van Harling, V. N., & Tobi Sogen, M. D. (2019). The relationship between the utilization of chemical laboratory facilities and chemical learning disipline with achievement of chemical learning students class XII of SMA Negeri 1 sorong. Universal Journal of Educational Research. ttps://doi.org/10.13189/ujer.2019.070919

World Health Organization World Health Organization. (2020). https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. PT: Raja Grafindo Persada: Jakarta

Widodo, Suparno Eko. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109-120.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.

Yusrizal, Y., Soewarno, S., & Fitri, Z. (2011). Evaluasi kinerja guru fisika, biologi dan kimia SMA yang sudah lulus sertifikasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 15(2), 269-286.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i1.5090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.