Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016

Syaripah M.Pd

Abstract


Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa dalam bidang matematika, serta berapa persen pengaruh persepsi pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa dalam bidang matematika dikelas X SMA N 1 Curup T.P 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa dalam bidang matematika, serta untuk mengetahui berapa persen pengaruh persepsi pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa dalam bidang matematika dikelas X SMA N 1 Curup T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 383 siswa di Sekolah SMA N 1 Curup T.P 2015/2016. Sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 42 siswa dari kelas X. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket. Jumlah masing-masing soal angket untuk melihat persepsi dan motivasi belajar siswa terhadap matematika berjumlah 20 soal.

Dari analisis data yang diperoleh yaitu hasil skor persepsi pembelajaran matematika (X) dengan rata-rata sebesar 3,4283 dan simpangan bakunya sebesar 0,40553, sedangkan untuk motivasi belajar siswa dalam bidang matematika (Y) didapatkan rata-rata 3,2971 dan simpangan bakunya sebesar 0,36021. Hasil analisis ternyata kedua hasil angket berdistribusi normal, sehingga persyaratan analisis terpenuhi. Untuk penguji Hipotesis ditemukan bahwa ada pengaruh variable X terhadap Y sebesar 0,912 atau 91,2% dimana sisanya 0,8% lagi dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari persepsi pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa dalam bidang matematika di Sekolah SMA N 1 Curup T.P 2015/2016.

Kata Kunci : Persepsi, Pembelajaran Matematika, Motivasi Belajar.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v2i2.604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.